Loading...

Jadi Tokoh Penyebar Islam di Desa Cikadu Wetan, Jangan Lupakan Buyut Pandita Sukmajati

 

KUNINGAN (OKE)- Tokoh penyebar agama Islam di Kabupaten Kuningan sangat banyak dan menyebar. Untuk di Kecamatan Luragung  tepatnya di Desa Cikadu Wetan ada Buyut Pandita Sukmajati. 

Buyut Pandita Sukmajati adalah Tokoh penyebar Islam di Desa Cikadu Wetan, makam tersebut hingga sekarang masih dikeramatkan penduduk setempat karena dan sering dikunjungi para peziarah untuk meminta keberkahan dalam kehidupan.

Di situs ini terdapat makam Buyut Pandita Sukmajati, makam ditandai dua nisan berorientasi utara-selatan. Nisan berbentuk batu tegak  terbuat dari batu alam (andesit). 

Nisan sebelah utara berukuran tinggi 40 cm, lebar 28 cm dan tebal 15 cm, dan nisan sebelah selatan berukuran tinggi 33 cm, lebar 23 cm, dan tebal 11 cm. Jarak antar nisan 132 cm.

Jirat diberi keramik warna merah yang semula berupa batu-batu alam. Areal makam ditumbuhi pohon alpukat, jati. Makam diberi cungkup semi permanen bertembok semen dan beratap genteng. 

Makam berada di perbukitan dan lebih kurang 20 m dari jalan raya Cibingbin-Luragung. Dari waktu ke waktu tidak sepi peziarah, mereka salalu dan terus mengajak kerabat. (dhn/rdk)

Nama Situs : SITUS BUYUT PANDITA SUKMAJATI

Lokasi :Alamat

Desa/Kelurahan : Cikadu Wetan Kecamatan : Luragung 

Kabupaten/Kota : Kuningan Provinsi : Jawa Barat  

Koordinat : 07º 01' 195" LS

  108º 39' 555" BT

Ketinggian, dpl  : 81 m

Posting Komentar untuk "Jadi Tokoh Penyebar Islam di Desa Cikadu Wetan, Jangan Lupakan Buyut Pandita Sukmajati"