Loading...

Waspadalah! Musim Hujan Banyak Ular Keluar Sarang, Damkar Tangkap Sanca Sepanjang 3 Meter


KUNINGAN (OKE)- Pada saat musim hujan seperti ini banyak ular yang keluar sarang, selain itu juga banyak ana ular yang menetes. Hal ini tentu wajib waspadai karena yang namanya ular sangat berbahaya baik yang punya bisa atau yang melilit.

Pada Selasa  (11/10/2022) Damkar Kuningan mendapatkan laporan adanya ular  sanca batik di kandang ayam milik Dadang (61) di Blok Parenca Kulon RT 03/03 Desa Kertawangunan Kecamatan Sindangagung.

"Kan saya usahanya  jualan ayam potong jenis ayam kampung, seperti biasa pada pagi hari tengah membersihkan ayam untuk dijual. Pada pukul 06.30 WIB, ke kandang lagi karena masih kurang," ujar Dadang.

Begitu ia mau mengambil ayam tiba-tiba dikagetkan dengan adanya ular sanca yang cukup besar tengah memakan ayam. Ia pun kaget buukan kepalang dan meminta bantuan kepada anaknya bernama Dimas agar meminta bantuan Damkar.

Selanjutnya empat anggota Damkar langsung meluncur ke TKP dan melakukan evakuasi ular. Ular sepanjang 3 meter akhirnya berhasil diamankan dan dibawa ke kantor Damkar di Jalan Sudirman.

"Evakuasi hanya butuh waktu 10 menit atau dari pukul 07.50-08.00 WIB.Ini tangkapan ular yang 60 lebih karena memang pada saat musim hujan mereka banyak keluar dari sarang," ujar Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti.

Khadafi mengatakan, saat ini di kantor Damkar saat ini ada 3 ekor ular yang terdiri dari 1 ekor ular sanca dan 2 ekor jenis ular coros. Apabila yang berminat memelihara bisa datang langsung ke kantornya di Jalan Sudirman No 68. 

"Kepada warga saya ingatkan agar jangan dibunuh ular tersebut, dan oleh Damkar akan diserahkan ke BKSDA atau ke komunitas reftil," ujarnya.

Sementara itu dari beberapa tulisan yang dimuat dibeberapa media,  agar ular tidak bersarang di sekitar kita adalah dengan cara membersihkan lingkungan sekitar. Ular tidak takut dengan garm, tali injuk, sabut kelapa, belarang tabur.

Justru mereka mereka takut dengan bau menyengat yang tidak alami diruang tertutup seperti dari sempirtan pengarum ruangan atau obat nyamuk. Ulaar akan mencari udara segar agar daya penciumannya tidak terganggu.(dhn/rdk)



Posting Komentar untuk "Waspadalah! Musim Hujan Banyak Ular Keluar Sarang, Damkar Tangkap Sanca Sepanjang 3 Meter"