Loading...

Cincin Batu Dipercaya Membawa Hoki

 

KUNINGAN- Meski tidak seramai di Jakarta penjualan cincin batu di Kuningan tetap saja ada pembelinya. Faktor barang ini banyak dipercaya sebagai pembawa hoki atau jimat membuat selalu diburu oleh konsumen.

Satu-satunya penjual cincin batu di Kuningan adalah Tohirudin, warga Desa Geresik Kecamatan Ciawigebang itu mencoba membuka usaha ini di depan Pasar Langlangbuana. Selama lebih dari satu tahun usaha ini digeluti hasilnya sangat bagus dimana jumlah konsumen terus bertambah.

“Dalam sehari minimal ada 10 konsumen yang membeli, sedangkan yang datang jumlah sangat banyak,” ujar pria yang dipanggil Tohir ini kepada Radar, kemarin (24/5/2012).

Menurutnya, konsumen yang datang dari berbagai kalangan mulai dari masyarakat biasa hingga pejabat. Mengenai harga, ditawarkan  beragama  untuk jenis batu mulai dari Rp20 ribu hingga Rp1 juta-an.  Sedangkan ikatan atau cincin juga beragam tergantung bahan.

Tohir tidak menampak bahwa yang membeli cincin selain ingin tampil gaya juga ada faktor lain yakni sebagai jimat.  Apabila dipersentasikan ada sekitar 20 persen. Dikatkan, yang membeli cicin batu tidak hanya kaum laki-laki ada juga kaum wanita karena memang disediakan, yang membedakan faktor ukuran.

Batuan-batuan yang disediakan Tohir, kebanyakan berasal dari lokal. Batu-batu tersebut diperolehnya dari Sulawesi, Kalimantan, juga Garut. Sedangkan dari luar negerinya berasal dari Bangkok dan negeri timur tengah.

Tohir menuturkan, selain membeli batu dan cincin yang disediakan  konsumen bisa membawa batuan mentah milik sendiri untuk diasah dan diperhalus. Batuan mentah tersebut dibentuk sesuai dengan ukuran dan selera pemilik.

“Saya yakin usaha ini tidak akan padam selama manusia ada dan menyukai cincin batu,” tandasnya.

Untuk memudahkan agar usaha berkembang pesat Tohir, menginginkan bantuan dari pemerintah. Ia sendiri banyak yang menawarkan kredit namun dengan persyaratan yang rumit dan suku bunga tinggi tidak berminat.

Ia menginginkan KUR yang katanya suku bunganya murah dan persyaratan mudah. Keinginannya ini mudah-mudah ada yang mendengarnya sehingga usaha bisa lancar.(mus)

Foto agus mustawan: Cincin batu hingga saat ini penjualan ramai karena diyakini membawa hoki selain tampak indah digunakan. 


Posting Komentar untuk "Cincin Batu Dipercaya Membawa Hoki"