Loading...

Cari Bibit Pemain Bola, Gelar Turnamen U-16

 


LEBAKWANGI- Minimnya turnamen sepakbola usai dini di Kabupaten Kuningan membuat pihak Pemdes Bendungan dan Porab FC menggelar turnamen sepakbola U-16 di Lapang Sindang. Turnamen antara Sekolah Sepakbola ini bertujuan untuk mencari bibit pemain handal yang berguna untuk masa depan persepakbolaan dalam negeri.


Menurut Ketua Panitia Dudung Durajat, turnamen yang menggunakan sistem setengah kompetisi ini diikuti oleh 16 SSB yang terdiri dari 15 dari Kuningan dan satu dari Cirebon. Ke 16 tim tersebut dibagi kedalam 4 group yang masing-masing dihuni oleh empat tim.


Setiap juara dan raner-up masing-masing group langsung lolos ke delapan besar. Dalam perempat final setiap juara grup melawan peringakat dua.


“Kami prihatin banyak SSB namun jarang digelar turnamen, ini tentu membuat pemain tidak ada tantangan,” ujar Dudung yang didampingi Sekdes Bendungan Samsul Nasihin, kepada Radar, kemarin (22/6).


Dudung mengatakan, turnamen ini juga digelar dalam rangka peringatan HUT RI ke 67. Rencananya turnamen ini akan berlangsung hingga 15 Juli 2012.     


Mengenai pemilihan usia 16 tahun karena akan ada kelanjutan kompitisi apabila dibutuhkan seperti Suratin Cup. Melihat jumlah peserta dan antusiasme terhadap turnamen diyakini akan mengahsilkan pemain berbakat.


Ia yakin dengan seringnya digelar turnamen ini akan terjadi kompetisi antara SSB. Sebab, dengan adanya turnamen pengelola SSB lebih terpacu untuk menghasilkan pemain berbakat.


“Bibit di Kuningan itu banyak apalagi ditunjang dengan bakat alami. Ini menjadi kelebian untuk menghsilkan pemain handal,” katanya.


Bagi tim yang berhasil juara pihak panitia menyediakan hadiah dengan total Rp3 juta berikut tropi dan piagam. Kerena jumlah epserta banyak untuk kedepanya kegiatan ini akan diagendakan setiap tahun. 


Menurut Dudung, sebenarnya jumlah pendaftar cukup banyak namun karena dibatasi hanya 16 tim maka terpaksa ditolak. Mungkin untuk kedepanya jumlah akan ditambah.


Samsul menambahkan, pihak desa tentu menyambut positif adanya turnamen ini karena mengembangkan bakat anak. Selama ini di Kuningan minim turnamen sepakbola sehingga diputusakan turnamen ini.


“Mudah-mudahan akan lahir pemain handal dalam turnamen ini sehingga Kuningan tidak akan kehabisan stok pemain,” tandas Samsul yang juga ikut menjadi wasit.(mus) 

 

Foto agus mustawan: Pemdes Bendungan menggelar turnaman sepakbola antara SSB U 16. Turnamen digelar untuk mencari bibit pemain.


Posting Komentar untuk "Cari Bibit Pemain Bola, Gelar Turnamen U-16"