Loading...

Ada Mitos Batu Berbentuk Kelamin Perempuan dan Pria Bersatu Waduk Akan Terwujud

 

 



KUNINGAN- Meski pemeritantah belum mengumumkan secara resmi terkait rencana pembangunan waduk. Namun, warga Ciniru sudah resah dengan rencana tersebut. Warga sekarang selalu curiga apabila bila melihat ada orang yang tengah mengukur tanah.

 Bahkan saking curiganya pesawat yang terbang rendah dalam dua hari ini disangka tengah memantau daerah Ciniru yang akan dibuat waduk. Kontan saja hal ini membuat warga semakin resah.

 “Ya resah namanya akan dibuat waduk tentu kita harus pindah,” ujar Kastam salah seorang warga kemarin (7/6).

Menurut dia, rencana pembuatan waduk seingatnya dua kali yakni pada tahun 1982 dan tahun 2004. Namun, kedua-keduanya tidak jadi karena warga tidak mau. Mereka berontak dan menolak rencana pembuatan waduk.

 Bagi dia, meski pembuatan waduk bakal membuat warga terbantu begitu juga daerah lain namun yang namanya tempat kelahiran tetap saja tidak bisa tergantikan. Makanya ia menolak keras rencana itu.

 Ia berharap pemerintah bisa mengkaji rencana itu agar warga tidak dibuat resah. Warga sudah nyaman dengan kondisi sekarang meski Ciniru daerah gersang. Kastam lebih setuju diperbanyak bangunan situ agar lahan pertanian subur.

 “Kemarin juga ada yang sudah mengukur jalan saking kecewanya saya langsung bicara pada orang yang mengukur. Saya katakan kepada mereka waduk tidak akan jadi,” tandasnya.

 Sementara itu, akibat isu pembuatan waduk ada warga yang menunda pembanguna rumahnya karena takut rugi. Hingga sekarang rumah tersebut tidak dibanguanbahkan sang pemiliknya pun sudah meninggal

 Meski banyak yang menolak namun tidak sedikit yang percaya bahwa suatu saat waduk akan terwujud.  Hal ini berdasar mitos  dimana apabila dua batu yang letaknya berjauhan bersatu dengan cara menikah maka akan menjadi waduk.

 Sekedar infromasi di Ciniru ada dua batu besar yang bentuknya menyerupai alat kelamin laki-laki dan perempuan. Konon katanya suatu saat batu itu akan menyatu. Saat ini letak batu tersrbut berjauhan yang satu di sungai Cipedak Desa Cijemit Kecamatan Ciniru satu lain di Kecamatan Hantara.

 “Mitosnya memang seperti itu bahwa batu nyi rangda akan bersatu dengan batu laki-laki. Pokoknya semua mengandung teka-teki yang hingga belum terungkap. Tapi sebagai warga apapun yang terjadi sudah siap,” ucap Dayat .(mus)

 Foto agus mustawan: 

Warga Ciniru resah dengan isu pembuatan waduk. Salah satu batu yang berbentuk alat kelamin perempuan yang menurut mitos akan bersatu dengan batu berbentuk alat kelamin laki-laki. Mitos yang menguatkan bahwa Ciniru akan terbendung menjadi waduk.

Posting Komentar untuk "Ada Mitos Batu Berbentuk Kelamin Perempuan dan Pria Bersatu Waduk Akan Terwujud"