Loading...

Potensi Panas Bumi Ada di Tiga Titik , Dengan Luas 24.330 Hektare


 

KUNINGAN– Potensi tenaga panas bumi yang terkandung di kaki Gunung Ciremai berada di tiga lokasi yakni di Desa Sangkanurip Kecamatan Cigandamekar, Desa Ciniru dan Pajambon Kecamatan Jalaksana. 

Tenryta berdasarkan hasil penelitian potensi tenaga listrik yang dapat dihasilkan dari tiga lokasi tersebut berbeda-beda yaitu dari Kawasan Sangkanurip dapat menghasilkan tenaga listrik sebesar 50 mega watt, Pejambon antara 100 hingga 150 mega watt dan Ciniru lebih dari 150 mega watt.

 “Iya ditiga titik namun kami belum tahu potensi tenaga listrik yang dapat dihasilkan. Dulu ada di leaflet namun kami lupa lagi,” jelas Sekretaris Dinas Sumber Daya Air dan Pertambangan Kuningan Drs Udit, kemarin (4/3/2014).

Udit juga meluruskan bahwa bahwa lokasi Desa Ciangir Kecamatan Cibinbing tidak termasuk kepada titik panas bumi. Sebelumnya, Sekda Kuningan Drs H Yosep Setiawan MSi mengatakan bahwa ada empat titik yang mengadung panas bumi.

Dari dokumen yang dimiliki  penulis, sesuai hasil survei Dinas ESDM Provinsi Jawa Barat, Kuningan memiliki potensi panas bumi sebesar 235 mega watt.  Potensi tersebut, berada di tiga titik kawasan kaki Gunung Ciremai yaitu, Desa Sangkanhurip Kecamatan Cigandamekar, Desa Ciniru dan Desa Penjambon  Kecamatan Jalaksana. 

 Terpisah, Kepala BTNGC Dulhadi meluruskan bahwa bukan Gunung Ciremai yang telah dilelang namun panas buminya yang akan dimanfaatkan. Untuk itu, lanjut dia, warga Kuningan dan Majalengkan tidak perlu panik dengan isu yang tidak benar.

 “Meskipun saya tidak mengetahui pada saat lelang karena belum menjabat. Namun saya pastikan gunung itu milik negara jadi tidak mungkin dijual. Warga jangan terpengaruh berita hoax,” jelasnya.

 Menurutnya, pemanfaatkan panas bumi tidak akan berpengaruh kepada kelestarian lingkungan. Sehingga pihaknya pun tidak mempermasalkan hal tersebut.

Sementara itu, pengakuan sekda bahwa pelelangan atas panas bumi memang sudah dilakukan pada tahun 2011 membuat  banyak warga yakin bahwa isu itu memang benar meski bukan gunung yang dijual. 

Untuk itu berbagi komentar di media sosial bermunculan baik yang menghujat maupun yang mempertanyakan kebenaran isu tersebut.

Bahkan, beberapa pihak menyayangkan ketika warga termakan oleh isu tersebut. Seharusnya, mereka paham dulu sebelum berkomentar.

Sekadar informasi tiga titik tersebut selama ini memang sering dimanfaatkan warga sebagai pemandian air panas. Air panas tersebut diyakini bermanfaat bagi kesehatan.(mus)

 Foto Dokumen

 Salah satu titik potensi panas bumi yang terkandung di Gunung Ciremai yakni di Desa Ciniru Kecamatan Jalaksana.

   

 

Posting Komentar untuk "Potensi Panas Bumi Ada di Tiga Titik , Dengan Luas 24.330 Hektare"