Loading...

Jalan Awirarangan-Windusangkan Mulai Dikerjakan Dananya Rp3,7 Miliar

 

KUNINGAN- Setelah melalui proses cukup panjang akhir pengerjaan jalan baru Awirarangan-Windusangkahan mulai dikerjakan. Terhitung tanggal 24 Juni jalan yang digunakan untuk mendukung akses ke kawasan pendidikan Uniku ini dimulai.

 Menurut Plt Bina Marga Kuningan Dadang Dermawan, proyek pengerjaan jalan dengan panjang 1.570 meter dengan luas 14 meter ini berlangsung 150 hari atau bari beres tanggal 20 Desember.  Adapun dana awal yang dibutuhkan adalah Rp3.769.808.000. Dana tersebut untuk pembuatan satu jembatan dan pengerasan jalan.

 Meski bisa digunakan pada akhir Desember namun lebih efektifnya jalan bisa digunakan pada tahun 2014 atau setelah dilakukan penghotmixkan.  Sebab, setelah pengerasan akan ditimpa sehingga pengguna jalan merasa nyaman.

 “Sekarang sudah tidak ada kendala sehingga mulai di kerjakan. Mengenai besaran dana pembebasan lahan kami tidak tahu karena urusan Bagian Tapem Setda Kuningan,” ujar Dadang, kemarin (18/7/2013).

 Dengan dibangunnya jalan ini Dadang berharap akses menuju kawasan pendidikan semakin mudah dan dekat. Sebab, itu yang menjadi tujuan pemerintah membangun jalan tembus ini.

 Selain memudahkan, adanya jalan baru ini bisa mengurai kemacetan yang selama ini terjadi. Ia yakin jalan ini akan memberikan manfaat yang lebih warga bagi Kuningan.

 Sekadar informasi meski awalnya banyak yang tidak setuju karena jalan tembus ini melintas ke permukiman warga dan banyak yang dirugikan. Namun, setelah diberikan penjelasan masyarakat mau terlebih pemerintah memberikan ganti rugi yang sepadan.

 Adanya jalan lintas ini disambut positif oleh semua warga terutama yang sering melintas kepada kawasan ini. Selain bisa membuat banyak jalan alternative, juga bisa tidak membuat kawasan Awirarangan tidak macet.

Hal  karena tidak bisa dipungkiri ketika diberlakukan jalan satu arah Sudirman warga yang akan ke arah selatan seperti Garawangi pasti melintas ke Jalan Awirarangan.

"Saya menyambut baik adanya jalan baru ini. Meski sepintas banyak yang dikorbankan namun sebenarnya manfaat yang dihasilkan lebih besar,” ucaf Feri Santoso salah seorang wara Kelurahan Kuningan.

 Ia berharap bupati mencari jalan baru agar kawasan Sudirman tidak macet. Feri percaya jalan Awirarangan-Sangkahan saja bisa terwujud, jalan Sudirman pun bisa karena kalau dibiarkan akan terus macet.(mus)

 

Foto agus mustawan: 

Pengerjaan Jalan Awirarangan-Windusangkan mulai dikerjakan. Tampak dalam gambar beberapa perkeja yang akan membangin jembatan.        

  

Posting Komentar untuk "Jalan Awirarangan-Windusangkan Mulai Dikerjakan Dananya Rp3,7 Miliar"