Loading...

Agar Sungai Tetap Lestari, Komunitas Tegeg Melengkung Tebar Ribuan Ikan

 

KUNINGAN (OKE)- Untuk menjaga lingkungan sungai dan mengampayekan stop buang sampah ke sungai, Komunitas Tegeg Melengkung (KTM) Kabupaten Kuningan melakukan penebaran dari ikan ke sunga di Kecamatan Karangkancana.

Kegiatan ini dilakukan pada Minggu (2/1/2022) pagi. KTM tidak sendiri bekerja sama dengan karang taruna di tiga 3 yang berada di Kecamatan Karangkancana.

Adapun ketika desa tersebut adalah Desa Simpay Jaya, Desa Cihanjaro, Desa Sukasari. Total ikan yan disebar di sungai Desa Cihanjaro adalah ikan lele sebanyak 1.000 ekor dan 600 ekor ikan nilem.

“Kita tetap konsisten untuk menjaga lingkungan sungai dan mengampayekan stop buang sampah ke sungai yang disampaikan kapan pun,” ujar Alex Kansas salah satu dedengkot KTM.

Ia mengaku, pada tahun lalu kerjasama dengan satu desa dan saat ini ada tiga desa sehingga ada kemajuan. Yang membuat puas adalah warga yang membuang sampah berkurang sehinga sungai bersih.

Alex mengaku, dukungan program penebaran bibit ikan lele dan nilem banyak didukung warga termasuk yang menggelar resepsi hajatan. Untuk itu saya mengucapkan terima kasih. 

“Sungai menjadi tanggungan kita semua, maka jaga kebersihan. Hal itu agar lestari dan anak cucu masih bisa menikmati,” ujar Alex yang mengaku nama Kansas terinsfirasi dari merk rokok. 

Diterangkan, agenda kedepannya KTM akan menebar kembali bibit ikan di sungai sekitaran Jalaksana,dan beberapa sungai yang ada di Kuningan.(dhn)


Posting Komentar untuk "Agar Sungai Tetap Lestari, Komunitas Tegeg Melengkung Tebar Ribuan Ikan"