Loading...

Selain Bisa Berenang Dengan Ikan Dewa, Pengunjung Bisa Rasakan Sensasi Terapi Nilem Mungut di Kolam Cigugur

KUNINGAN - Keberadaan kolam renang Cigugur yang terletak di Kecamatan Cigugur bagi warga Kuningan bukan hanya sekedar kolam yang berisi ikan Dewa yang dikeramatkan keberadaanya. Tapi lebih sekedar itu sebab kolam ini tidak terlepas dari penyebaran agama Islam di Kuningan.

Kalau sekarang kolam ini tiba-tiba ramai dikunjungi oleh masyarakat dari berbagai penjuru ya karena ada sesuatu yang baru. Sesuatu yang baru itu adalah hadirnya terapi ikan nilem  mungut.

Meski secara ilmiah belum ada keterangan pasti dari dokter mengenai khasiat dari terapi ikan nilem mungut ini. Namun para pengunjung meyakini bahwa berterapi di kolam ini akan menyembuhkan berbagai penyakit, maka jumlah pengunjung pun terus membludak dari hari ke hari.

Dengan modal tiket Rp3.500 bagi dewasa dan Rp2.500 untuk anak-anak, para pengunjung akan merasakan sensasi luar biasa yakni rasa  geli namun asyik pada kaki atau bahkan seluruh badan. Ini bisa dirasakan apabila kaki atau anggota badan kita dicelupkan ke dalam kolam yang berisi ribuan ikan nilem mungut.

Tanpa dikomandai ikan tersebut akan mengerubungi kaki atau angota tubuh sambil menggigitinya. Bagi yang pertama kali mencoba rasanya sedikit sakit tapi lama kelamaan akan menikmati. Waktu sejam pun tidak akan terasa kerena saking menikmati apalagi didukung oleh lingkungan sekitar yang asri anda akan semakin terbuai.

“Saya sudah pernah datang kesini dua kali, hasilnya sangat luar biasa penyakit asam urat saya berangsur pulih. Mudah-mudahan yang ketiga kali ini bisa sembuh total,” ujar ibu paruh baya yang mengaku bernama Nani ketika ditemui , Jumat  (11/6/2010).

Menurut warga Sidanglaut Kabupaten Cirebon yang datang secara rombongan ini mengaku, sekarang ia datang lebih awal agar waktu terapi lebih lama. Pasalnya, ketika dulu waktuya hanya satu jam.

“Diterapi ikan rasanya sangt nikmat dan yang lebih penting bagi kami biayanya murah dari pada harus berobat ke dokter,” ujarnya.

Sementara itu Afianto warga Bajar Jawa Tengah juga merasa hal yang sama dengan Nani. Meski baru beberapa jam diterapi ia merasakan kakinya terasa  ringan dan yang tadinay pegal-pegal hilang.

“Saya tahu mengenai terapi ikan dari tetangganya yang sudah merasasakan khasiatnya. Melihat hasil yang positif saya akan mengajak saudara yang lain,” ujarnya yang mengaku juga datang secara rombongan.

Menurut Pengelelola Kolam Renang Cigugur Apid Ahapidik, keberadaan ikan nilem mungut ini sebenarnya sudah ada sejak dulu. Bahkan kehadiranya sama dengan ikan Dewa atau Kancra putih, ikan ini sebenarnya merupakan santapan Ikan Dewa.

Kenapa tiba-tiba ikan ini bisa dijadikan alat terapi? Kata dia, proses tidak sengaja,  sekitar pertengahan tahun 2009 atau bulan Juni para pemuda Cigugur tanpa sengaja berendam usia bermain voly. Tanpa diduga mereka diserbu puluhan ikan nilam, tentunya mereka sangat kaget terlebih gigitan cukup kuat.

“Usai digigit mereka lapor ke saya, lalu saya berpikir bagimana kalau ini dimunculkan kemasyarakat luas sebagai daya tarik selain keberadaan ikan Dewa. Dan ternyata hasilnya sangat luar biasa hingga sekarang jumlah pengunjung tidak pernah sepi,” kata Apid.

Apid mengangap kejadian ini merupakan berkah yang diberikan sang pecipta kepada warga Cigugur. Sebab, dampak positifnya dengan hadirnya terapi ikan nilem mungut sangat luas.

Saat ini dalam sehari lanjut dia, jumlah pengunjung minimal yang datang sebanyak 300 orang. Pada hari libur jumlahnya minimal dua kai lipat.

Menurut dia, yang berkunjung kesini bukan hanya masyarakat umum tapi juga para pejabat baik dari Kuningan maupun dari seluruh nusantara. Banyak khasiat yang sudah dirasakan oleh pengunjung membuat orang terus tertarik datang ke kolam Cigugur.

Agar  para pengunjung semakin betah kolam renang yang berada dibawah pengelolaan Pemkab Kuningan ini terus berbenah baik dari fasilitas maupun kenyamanan tempat pendukung. Salah satunya penambahan adalah tempat duduk dan jam operasi karena selama ini jam operasi terapi ikan hingga jam 6 sore, untuk kedepanya bisa dilakukan hingga malam hari.

“Saya berharap kolam renang ini bukan hanya menghadirkan sejarah wisata tapi hal yang berguna bagi masyarakat luas,” pungkasnya.(agus mustawan).




Posting Komentar untuk "Selain Bisa Berenang Dengan Ikan Dewa, Pengunjung Bisa Rasakan Sensasi Terapi Nilem Mungut di Kolam Cigugur"