Loading...

Mengenalkan Minuman Jenisa Ke Berbagai Penjuru Dunia

 

CIAWIGEBANG- Warga Kuningan pasti mengetahui bahwa Kecamatan Ciawigebang adalah sentra pengusaha minuman jeruk nipis. Namun tidak semua orang tahu bahwa minuman kesehatan ini sekarang terkenal bukan hanya di Indonesia tapi sudah merambah ke negara asia.

Jenisa (Jeruk Nipis Asli) satu dari empat merek jeruk nipis yang saat ini paling berkembang pemasarannya baik dalam negeri maupun ke luar negeri. Direktur CV Anugraha Alam Lestari M Benhardi SE  mengatakan, yang menyebabkan minuman yang terbuat dari sari jeruk nipis ini berhasil karena berbeda dari minuman jeruk nipis yang lainnya.

 “Yang lain kebanyakan hanya sari jeruk nipis saja, tapi kalau Jenisa ditambah madu jadi minuman tersebut tambah berkualitas,” kata dia kepada Radar,  Kemarin (4/2).

Menurutnya,  minum jeruk nipis bukan hanya memberikan kesegaran pada tubuh tapi kandungan yang dimiliki bisa menyembuhkan  panas  dalam,  mengurangi  kolesterol,  batuk, serak,  menetralisir  nikotin. Kemudian minuman ini  juga bisa  mencegah  sariawan, melarutkan  lemak  dalam  tubuh, menghaluskan kulit, menjaga  stamina  dan kesegaran  tubuh.

Saat ini kata dia, dalam sebulan mampu memproduksi 40 ribu Jenisa ukuran botol kecil   dan. Sedangkan untuk syrup ukuran botol besar menghasilkan 15-20 ribu botol. Untuk harganya menurut dia, Rp3.00o untuk ukuran botol kecil dan Rp14 ribu  botol besar. 

Sementara untuk bahan baku sendiri selain dari Kuningan, Ciamis dan Garut juga di kirim dari luar Jawa yakni Lampung dan Palambang. Terpaksa membeli dari luar karena di di Kuningan para petani yang membudidayakan tanaman  jeruk nipis masih minim.

Yang membanggakan Behardi, produk Jenisa sudah diekspor ke berbagai negara asia yakni Malayasia, Brunei Darusalam dan China bhkan ke Eropa Spanyol. Meski tidak secara langsung ditangani dalam pendistribusian namun tentu ini membanggakan dimana produk asal Kuningan bisa menembus pasar asia dan eropa.

Untuk wilayah Indonesia hampir semua  wilayah sudah sudah masuk untuk produk ini. Selain bekerjasama dengan toko oleh-oleh pihaknya juga bekerjasama dengan agen dalam menjual produk agar pemasaranya semakin luas.(mus)


foto agus mustwana: Salah seorang di karyawan menunjukan minuman Jeruk Nipis Asli (Jenisa) yang telah di kemas ke dalam dus dan siap di kirim.

Posting Komentar untuk "Mengenalkan Minuman Jenisa Ke Berbagai Penjuru Dunia "