Loading...

Peduli Pelestarian Bahasa Sunda, Gelar Lomba Pidato,Cara Laskar Krupuk Ajak Generasi Muda

 

KUNINGAN- Penggunaan Bahasa Sunda yang terus menurun di kalangan anak muda membuat kumunitas facebook yang menamakan diri Laskar Krupuk terpanggil. Dalam memperingati HUT ke 5 menggelar lomba pidato Bahasa Sunda untuk anak SD.

“Sebagai orang Sunda yang memiliki bahasa sendiri saya prihatin dengan kondisi ini makannya menggelar lomba pidato,” kata Ketua Penyelenggara Apoey Kelempoey kepada Radar, kemarin (7/2).

Sasaran dalam lomba pidato adalah anak SD, ini penting kerena mereka merupakan generasi penerus. Meski sebenarnya permintaan untuk mengikuti lomba datang dari semua tinggkatan sekolah. Alasan dipilihnya anak SD karena mereka merupakan generasi penerus.

Dengan perlombaan yang menyediakan hadiah plus tropi dan piagam bisa mengukur  sejuah mana penggunaan bahasa di tingkat SD. Pelesatrian bahasa lanjutnya,  bukan hanya menjadi tanggung jawab sekolah tapi semua elemen.

“Mudah-mudahan dengan adanya kegiatan ini bisa menggugah orang tua untuk lebih mengunkana bahasa daerah,” ujarnya yang menyebutkan acara puncak akan dilakukan pada tanggal 12 Februari di Parkir Sanggar Riang Kuningan.

Apoey mengaku, pada HUT kali ini bukan hanya lomba pidato tapi juga ada kegitan lainnya seperti donor darah, pemeriksaan kesehatan gratis, penggalangan dana peduli sesama. Lalu, bazar krupuk dan aneka souvenir, live musik, dan aneka perlombaan. Sebenarnya acara rangakian sudah dimulai pada tanggal 5 Februari dengan acara nagemen pada acara cer free day. Acara ngamen ini sebagai bentuk penggalangan dana untuk kegiatan yang akan dilakukan. Apa yang dilakukan kata dia, sebagai bentuk kepedulian kepada sesama dan juga pelestarian budaya. Pihaknya ingin kehadiran komunitas facebook Laskar Pelangi bermanfaat bagi masyarakat umum. “Kegiatan yang kami lakukan setiap tahunnya selalu meningkat hal ini tidak terlepas dari respons dari masarakat yang positif,” pungkasnya.(mus) Foto agus mustwan: Salah satu rangkaian HUT Laskar Krupuk ke yakni mengamen. Selian itu komunitas facebook ini juga menggelar lomba pidato Bahasa Sunda.

Posting Komentar untuk "Peduli Pelestarian Bahasa Sunda, Gelar Lomba Pidato,Cara Laskar Krupuk Ajak Generasi Muda "