Loading...

Selain Banjir, Longsor Terjadi Ruas Jalan Bayuning–Ciherang, Hingga Pukul 10 Malam Pengerukan Belum Kelar

KUNINGAN (OKE)- Hujan deras bukan hanya menyebabkan banjir tapi juga longsor di Dusun Manis RT 01, RW 01, Desa Tinggar Kecamatan Kadugede. Longsor terjadi pada pukul Rabu (4/5/2022) Pukul 17.00 WIB.

Menurut Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana,  kejadian di Desa Tinggar adalah  tebing dengan ketinggian 10 meter longsor menutup ruas jalan Bayuning – Ciherang. Adapun ruas Jalan tertutup longsor dengan P= 7 m, L= 3 m ketebalan 0,5 m – 1 m

"Akibat longsor itu akses jalan tidak bisa dilalui motor dan  dan mobil. Saat ini tengah dilakukan penanganan," jelas pria yang kerap dipanggil IB itu.

Penyebab longsor adalah hujan hujan intensitas lebat mulai pkl 15.45 WIB sampai pkl 17.30 WIB. 

Upaya darurat yang dilakukan adalah  Aparat Desa berkoordinasi dengan  BPBD, PUTR, Damkar dan Koramil  membantu membersihkan sungai Cikondang dari sumbatan.

"Penanganan segera dengan excavator dari PUTR. Hal ini agar kendaraan bisa melintas ," jelasnya.

Abuhar warga setempat  melaporkan hingga pukul 22.10 WIB proses pengerukan masih berlangsung dan tinggal sedikit lagi.

"Alhamdulillah tinggal sedikit lagi. Kebetulan saya ada di lokasi menemani Kepala UPT Damkar Kuningan dan Pak Kabid Bina Marga," ujar pria yang merupakan anggota KPU Kuningan itu.

Akibat belum beresnya proses pengerukan kata Abuhar warga menggunakan jalan alternatif Cileuleuy Jirad atau Nusaherang- Cikadu-Jambar-Ciherang. (dhn/rdk)



Posting Komentar untuk "Selain Banjir, Longsor Terjadi Ruas Jalan Bayuning–Ciherang, Hingga Pukul 10 Malam Pengerukan Belum Kelar"