Loading...

Kunjungi Stand Pasar Tani Petmil, Ini Harapan Sekda Kuningan



KUNINGAN (OKE)-  Sekda Kabupaten Kuningan  Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi didampingi istri yang sekaligus merupakan Ketua DPW Kabupaten Kuningan Hj Ela Dian pada Minggu (10/12/2023) pagi berkunjung ke stand Pasar Tani Petani Milenial.

Kunjungan itu dilakukan oleh orang nomor tiga di kota kuda disela-sela kegiatan Car Free Day. Bukan hanya berkunjung tapi ikut berbelanja hasil pertanian dan tentu sebagai bentuk dukungan.

"Saya apresiasi sekaligus  bangga terhadap petani milenial Kuningan, anak muda penuh semangat dan konsen  dalam bidang pertanian. Kuningan sendiri tengah prepare dengan kabuapten pariwisata dan pertanian," jelasnya.

Dikatakan, fakta bahwa generasi muda tidak tertarik dengan sektro pertanian, maka ketika tapi dengan adanya komunitas Petmil saat ini membuat ada harapan, ternyata generasi muda Kuningan  ada juga yang tertarik atau melirik terhadap pengembangan sektor pertanian.

"Yang saya kira cukup menjanjikan. Jadi sesuai dengan harapan kita bersama Kuningan  menjadi Kabupaten terunggul di sektor pertanian dan pariwisata.”tandas Sekda

Sekda berharap agar program-program dari Petmil mampu membangkitkan gairah anak muda untuk terjun ke dunia pertanian. Hal ini tentunya juga  mendorong  Pemka Kunga  semakin optimis  menjadi kabupaten  dengan ketahanan pangan yang cukup. 

"Kegiatan ini juga menjadi solusi untuk mengatasi Inflasi daerah dan menjadi salah satu variabel agar kita tidak tergantung pada  daerah lain," tambahnya.

Ditempat yang sama,  Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M.Si menuturkan, Pasar Tani Petani Milenial merupakan binaan dari Diskatan. Salah satu kendala yang dihadapi adalah pemasaran, karena itu Wahyu memberikan solusi untuk memasarkan hasil pertanian petani milenial tersebut di acara car free day. 

“Kami terus membina dan mengembangkan pasar tani milenial ini, ketika setelah produksi dan kendala mereka adalah di pemasaran, karena itu kami fasilitasi untuk memasarkan produk pertaniannya di Pasar Tani saat acara car free day, setiap hari Minggu hadir mulai dari jam 06.00 sampai dengan jam 9.00 pagi.”tuturnya. 

Mantan Kadiskominfo itu, menjelaskan produk hasil pertanian Petani Milenial yang dipasarkan di Pasar Tani dipasok dari petani milenial yang ada di Kabupaten Kuningan, saat ini ada sekitar 100 petani milenial. 

Produk yang dipasarkan di Pasar Tani seperti kangkung, bayam, terong, selada bokor, tomat, cabai, mangga dijual dengan harga yang sangat murah. Kemudian ada juga labu, petai dan olahan produk hasil tani seperti jus dan juga puding yang bebas dari pemanis buatan. 

Sayuran dan buah-buahan yang dipasarkan oleh Petmil tersebut ditanam dengan hidroponik dan bebas dari insektisida. Semua sayurannya ditanam secara hidroponik, kemudian di polybag dan bebas dari insektisida,.

"jadi aman dan sehat jika kita konsumsi. Harganya pun murah mulai dari 5000 rupiah. Serbu alias serba lima ribu. Dan makanan hasil olahan nya juga enak dan aman untuk dikonsumsi,” sebutnya.

Wahyu berencana tidak hanya memasarkan hasil tani Petmil saja, kedepan Kepala Diskatan tersebut akan menggandeng KWT (Kelompok Wanita Tani) di Kabupaten Kuningan untuk memasarkan hasil tani di Pasar Tani dengan skala yang lebih besar lagi. Hal tersebut dilakukan untuk mendukung para petani sekaligus mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Kuningan.(rdk)


Posting Komentar untuk "Kunjungi Stand Pasar Tani Petmil, Ini Harapan Sekda Kuningan"