Loading...

Di Puncak Gunung Ciremai Pj Bupati Kuningan Resmikan Tugu Atap Jawa Barat

KUNINGAN (OKE)- Momen bersejarah kembali ditorehkan oleh Penjabat Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat. Dibawah komandonya, Iip Hidajat kembali menaklukan puncak tertinggi di Jawa Barat, 3078 mdpl (meter diatas permukaan laut).

Namun, kali ini Iip tidak mencapai puncak Gunung Ciremai sendirian, ia mengajak serta ASN, TNI, Polri, aktivis lingkungan dan lapisan masyarakat yang turut serta meramaikan gelaran “muncak beu bersama Pj Bupati Kuningan” sebagai pembuka event Ciremai Fest.

Perjalanan dimulai pada Sabtu, 01 Juni 2024, dimana sekitar 100 lebih pendaki memulai dari pos pendakian Ciremai via Palutungan, Cadas Poleng sekitar pukul 10.00 WIB. Pendakian menuju pos 1 Cigowong dengan ketinggian 1599 mdpl ditempuh dengan sekitar 2 jam perjalanan.

Di Pos 1 Cigowong jumlah pendaki yang melanjutkan menuju puncak Gunung Ciremai sekitar 50 orang, sementara yang lainnya tinggal dan melakukan kemah.

Perjalanan dilanjutkan menuju pos 2 Kuta (1680 mdpl), pos 3 Paguyuban Badak (1835 mdpl), pos 4 Arban (2060 mdpl), pos 5 Tanjakan Asoy (2140 mdpl) dan berakhir di pos 6 Pasanggrahan (2440 mdpl).

Disinilah Pj Bupati Kuningan, ditemani Dandim 0615 Kuningan, letkol Arh Kiki Aji Wiryawan beserta rombongan lainnya berkemah dan beristirahat untuk summit pada keesokan harinya. Rombongan pendakian tiba di pos terakhir untuk kemah ini sekitar pukul 16.00 WIB.

Tepat pada hari Minggu (02/06/2024) sekira pukul 03.00 WIB dini hari, rombongan melanjutkan perjalanan untuk summit menuju puncak Gunung Ciremai dan tiba sekitar pukul 07.00 WIB.

Dikatakan Iip Hidajat bahwa ini merupakan hari yang bersejarah bagi Pemerintah dan masyarakat Kabupaten Kuningan.

“Hari ini hari bersejarah, bersamaan dengan Peringatan Hari Lahir Pancasila, kami dapat bersama-sama mencapai puncak Gunung Ciremai. Segenap unsur ASN, TNI dan lapisan masyarakat Kabupaten Kuningan mencapai atap tertinggi Jawa Barat sebagai bentuk rasa syukur atas kehadiran Gunung Ciremai yang telah memberikan banyak manfaat untuk kita” Ujar Iip.

Momentum ini pula harusnya dijadikan sarana berjanji pada diri sendiri untuk bersama-sama merawat Gunung Ciremai.

“Ketika kita merawat Gunung Ciremai, maka kita akan di rawat oleh Ciremai. Kita harus berjanji kepada diri sendiri untuk selalu menjaga Gunung Ciremai dengan ngarawat, ngaruwat jeung ngarumat Ciremai sehingga kebermanfaatannya dapat kita wariskan kepada anak dan cucu kita” terang Iip, ditemani Dandim 0615 Kuningan.

Pada kesempatan tersebut, Iip Hidajat juga meresmikan Tugu Gunung Ciremai ‘Atap Jawa Barat’ sebagai penanda puncak tertinggi Jawa Barat yang baru selesai dibangun.

“Dengan mengucapkan Bismillahirohmanirohim, dengan ini saya meresmikan Tugu Atap Jawa Barat hasil dari CSR Bank BJB” kata Iip.

Mengikuti Pj Bupati Kuningan diatas puncak, adalah Dandim 0615 Kuningan, Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda, Kepala Pelaksana BPBD Kuningan, Kepala ATR/BPN Kuningan, Camat Cigugur dan puluhan peserta pendakian lainnya.


Ciremai Fest 2024


Untuk diketahui, bahwa gelaran Ciremai Fest akan berlangsung selama bulan Juni tahun 2024. Ciremai Fest merupakan salah satu festival dalam Calender of Event yang telah di launching Pemerintah Kabupaten Kuningan selama tahun 2024 dalam upaya menyemarakan jumlah kunjungan wisatawan ke Kabupaten Kuningan.


Dimulai dengan gelaran Muncak Beu bersama Pj Bupati Kuningan, Festival Ciremai akan dilanjutkan dengan event Gerakan Sapu Gunung (GSG) yang akan berlangsung tanggal 07-09 Juni 2024 di Buper Palutungan jalur pendakian via Palutungan.


Diwaktu yang sama, tanggal 07 Juni, akan berlangsung kegiatan Installation Art Competition & Painting Exhibiton dan Ciremai Discussion Summit Pelestarian Ciremai yang berlangsung di Hotel Santika Premiere.


Event selanjutnya akan berlangsung pada 08 Juni, dimana akan ada pasar rakyat, pasar pasisian leuweung, Push bike, launching muatan lokal pelestarian Gunung Ciremai, Start Jabar Ultra Long Course dan stand up commedy yang akan berlangsung di Open Space Gallery Linggajati.


Di hari yang sama namun berbeda lokasi, yaitu di Lempong Balong (kawasan wisata Palutungan) akan juga diselenggarakan kemah konservasi (pesta hammock, fun hiking, tanam pohon dan launching Kuningan Go Green).


Event Ciremai Fest akan di tutup pada 09 Juni 2024 dimana di hari tersebut akan berlangsung Start Jabar Ultra Run Short Course, Kuningan run, senam masal, Famtrip from Malaysia & Fun hiking.

Posting Komentar untuk "Di Puncak Gunung Ciremai Pj Bupati Kuningan Resmikan Tugu Atap Jawa Barat"