Loading...

Gerakan Sapu Gunung Diikuti 250 Peserta, Berasal Dari 12 Daerah

KUNINGAN (OKE)- Komitmen Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan dalam menjaga kelestarian Gunung Ciremai terus di wujudkan. Hal tersebut dibuktikan pada pelaksanaan Gerakan Sapu Gunung (GSG) sebagai salah satu agenda dalam event Ciremai Festival.

Gerakan Sapu Gunung ini melibatkan 250 peserta yang berasal dari 12 Kabupaten/Kota di Jawa Barat dan Jawa Tengah, serta peserta dari luar negeri. Dalam hal ini, Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan menggaet LSM Akar sebagai mitra pada pelaksanaan GSG.

Dilepas oleh Penjabat Bupati Kuningan, Raden Iip Hidajat pada Jumat (07/06/2024) di Cadas Poleng, jalur pendakian Gunung Ciremai via palutungan, GSG akan berlangsung selama tiga hari, 7-9 Juni 2024.

Dalam arahannya, Iip Hidajat menginginkan kegiatan ini memiliki peran terutama dalam hal mendorong dan mangajak masyarakat maupun para pendaki untuk meningkatkan kesadaran serta kepedulian mengenai betapa pentingnya kelestarian hutan bagi kelangsungan hidup manusia sekarang dan masa yang akan datang.

Hal itu mengingat cakupan Gunung Ciremai di Kabupaten Kuningan mencapai lebih dari 60 persen, karenanya Iip ingin masyarakat Kuningan dapat menjaga kelestariannya.

“Banyak manfaat yang telah diberikan Gunung Ciremai khususnya kepada masyarakat Kuningan, diantaranya hawanya yang bersih, udaranya yang sejuk, airnya yang cukup dan pertanian yang subur. Gerakan ini adalah wujud syukur kita dalam upaya ngarawat, ngaruwat dan ngarumat Gunung Ciremai sehingga kebermanfaatannya masih bisa kita wariskan kepada anak cucu kita” terang Iip.

Iip Hidajat menuturkan, bahwa melalui GSG ini tentunya banyak manfaat yang dapat di ambil, yakni berkurangnya sampah sintetis sebagai biang perusak alam dan teridentifikasinya jalur-jalur pendakian yang terkena erosi/longsor.

Adapun langkah lainnya yang telah dibangun Pemerintah Daerah Kabupaten Kuningan, kata Iip, adalah dengan di buatnya kurikulum muatan lokal Gunung Ciremai.

“Insya allah melalui Ciremai Fest ini nanti besok kita akan melaunching Mulok Gunung Ciremai. Hal ini adalah upaya kita untuk memberi kesadaran bagi seluruh masyarakat Kuningan sedari kecil untuk bisa bersama-sama menjaga Gunung Ciremai” pungkas Iip.

Selain melepas peserta GSG, di kesempatan yang sama Iip juga memberikan Bendera Merah Putih kepada organisasi kemasyarakatan penggiat lingkungan di Kabupaten Kuningan dalam memeringati Hari Lahir Pancasila.(rdk)

Posting Komentar untuk "Gerakan Sapu Gunung Diikuti 250 Peserta, Berasal Dari 12 Daerah"