Loading...

Hadir Dipelepasan Siswa Kelas VI SDIT Al-Istiqomah, Sekda Kuningan: Sekolah Tidak Sekadar Berorentasi Pada Nilai Akademis


KUNINGAN (OKE) -Sekda Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar MSi menyebutkan, sekolah tidak sekadar berorentasi pada nilai akademi. Hal ini yang perlu diperbaiki. Sebab, banyak orang tua hanya bertanya nilai pelajaran semata. 

Padahal lanjut dia, esensinya buka pada nilai akademis saja, melainkan pada keseimbangan prestasi dibidang lainnya, seperti seni, budaya olahraga dan lainnya. 

"Dalam pertumbuhannya siswa diperlukan memiliki keseimbangan dalam berbagai aspek, termasuk kecerdasan intelektual, spritual, emosional  sejak dini. Hal ini sangat fundamental sebelum anak-anak kita tumbuh dewasa," ujar Sekda Dian, dalam acara pelepasan siswa Kelas VI Al-Istqomah di Gedung Studen Center Imam Hidayat Uniku, Sabtu (1/6/2024). 

Lebih lanjut perkembang teknologi dan arus informasi telah mengubah kehidupan. Anak-anak juga terbawa arus. Namun, jika orang tua mampu menanamkan dasar-dasar yang kuat, mereka akan siap menyongsong masa depan yang cerah. 

Selain itu, Sekda Dian  menuturkan, perlu sepakat bahwa pendidikan harus seimbang. Begitu pula dengan olah pikir, olah hati, olah rasa, dan olah raga. Saat ini, anak-anak  sering dibebani dengan hanya berfokus pada akademik. 

"Padahal, ada celah yang bisa dimanfaatkan untuk mengembangkan minat mereka dalam seni, budaya, dan olahraga. Insya Allah, dengan dorongan ini, anak-anak kita akan tumbuh kembang dengan baik," lanjutnya.

Menurutnya, perkembangan teknologi telah mengubah sendi-sendi kehidupan. Harus disadari  perubahan ini dan meresponsnya dengan pikiran yang terbuka. 

“Kita tidak boleh mendoktrin anak-anak dengan cara yang kaku dan harus memahami perkembangan, perasaan, dan keinginan mereka. Pentas seni dan sains teknologi adalah salah satu cara untuk melihat kecenderungan anak-anak kita dan mendorong mereka sesuai dengan minat dan bakat mereka,” pungkasnya.

Sementara itu, selain sekda, tampak hadir perwakilan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan  Kuningan ikut  menghadiri acara pelepasan. Acara dimeriahkan dengan berbagai penampilan seni budaya dari siswa dan siswi SDIT AL-Istiqomah mulai dari kelas 1 hingga kelas 6, yang disaksikan ratusan orang tua siswa.(rdk)

Posting Komentar untuk "Hadir Dipelepasan Siswa Kelas VI SDIT Al-Istiqomah, Sekda Kuningan: Sekolah Tidak Sekadar Berorentasi Pada Nilai Akademis"