Loading...

Pabrik Tepung Gaplek Terbakar, Api Berasal Dari Percikan Korsleting Listrik

 

KUNINGAN (OKE)- Pabrik tepung gaplek Sedap Pabrik  yang terletak di Dusun Kliwon Blok Cantilan RT. 23 RW. 04 Desa Taraju Kecamatan Sindanggung, pada Kamis (6/6/2024) pukul 23.15 WIB terbakar. Sumber api berasal dari percikan korsleting listrik.

Untungnya sebelumnya api membakar isi gedung, api berhasil dipadamkan oleh warga dengan menggunakan Alat Pemadam Api Ringan alias APAR.

Petugas Damkar Kuningan sendiri langsung ke TKP pasca ada laporan. Pas sampai ke TKP api sudah padam. Petugas sendiri bersama pihak lain mencari sumber percikapan api dan diketahui api dari korsleting listtrik.

Setela selama 1 jam 20 menit di TKP akhirnya petugas kembali ke Mako Damkar. Damkar sendiri menerjunkan  2 unit mobil dan 6 orang petugas. Hal ini untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.  Adapun gedung tepung gaplek milik H Dana bi Salam Sunari dengan luas 16 M X 13 M2.

Menurut keterangan Mulyana warga setempat), awalnya diketahui ada kepulan asap pada pukul 22.40 WIB dari arah pabrik gudang tepung gaplek. Kemudian ia  mengecek sumber asap dan terdapat kepulan asap tebal dari ruangan pabrik tersebut .

Ia pun  meminta bantuan kepada warga setempat dan warga pun berdatangan gotong royong untuk penanganan api menggunakan unit Alat Pemadam Api Ringan (APAR). Sedangkan Nana warga setempat langsung melapor ke Damkar.

"Kami melakukan pengecekan untuk memastikan api benar-benar sudah padam dan melakukan pengumpulan data di TKP. Setelah pengumpulan data bersama Petugas PLN Kuningan dan warga setempat dilokasi, ternyata  api berasal dari percikan korsleting listrik yang jatuh ke tumpukan tepung dan menimbulkan bara api," ujar Kepala UPT Damkar Andri Agra Kusumah.

Mengenai kerugian kata Andri hanya sebesar Rp10 juta atau sebanyak 1 ton tepung gaplek terbakar. Tidak merembetnya api karena adanya APAR dan warga sigap lapor ke Damkar.

Pihanya meminta agar seluruh warga masyarakat waspada terhadap segala jenis potensi kebakaran, dan untuk tempat usaha wajib menyediakan sistem proteksi kebakaran.

Apabila terjadi kebakaran, segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kab.Kuningan di No (0232) 871113. Layanan Gratis /tidak dipungut biaya apapun.(rdk)


Posting Komentar untuk "Pabrik Tepung Gaplek Terbakar, Api Berasal Dari Percikan Korsleting Listrik"