Loading...

SPS Gelar Executive Course Bagi PR

 

KUNINGAN-Serikat Penerbit Suratkabar (SPS) Pusat selama dua hari dua malam  menggelar kegiatan eksekutif kursus atau work shop  bagi 31 peserta dari 18 institusi di Grage Sangkanhurip Hotel Spa  Kuningan. Kegiatan yang rutin di gelar tiap tahun ini dimulai dari Kamis hingga Sabtu (29-30/10).

Menurut Direktur Eksekutif SPS Pusat Asmono Wikan,kegiatan yang mengambil tema How to Handle Press Well yang diikuti ke 31 peserta tadi berasal dari 18 institusi baik swasta maupun pemerintah. Peserta yang hadir  kebanyak sebagai PR(Public Reletion) dimasing-masing institusi.

“Tujuan kami menggelar acara ini untuk membantu mereka dalam berhubungan dengan mitra kerja yang salah satunya adalah media,” katanya kepada Radar,di sela-sela acara,kemarin (30/10).

Mereka kata Asmono, diajari bagaimana membuat press release,mempersiapkan press conference, dan serta juga hak jawab sebab ketiga hal ini sangat penting ketika institusi mengalami sesuatu ketika berhubungan dengan media. Dalam penyedian   ketiga hal ini kalau tidak sesuai tidak akan menarik media untuk memberitakan.

“Jadi mereka tidak bisa menganggap hal ini tidak penting justru hal penting memperlancar hubungan,” ucapnya lagi.

Dalam acara ini kata dia, para peserta diberikan berbagai materi mulai dari trik bergaul dengan wartawan, conten analisys dan audit pemberitaan, serta juga testimony berhadapan dengan pers dan penggunaan hak jawab.  Selian itu juga disuguhkjan materi peran Dewan Pers dan pengaduan masyarakat, workshop membuat hak jawab dan menegemen kominukasi media.

“Saya senang para peserta sangat proaktif sehingga acara berjalan dua arah,” tambahnya.

Asmono mengungkapkan para peserta bukan hanya diberikan materi secara teori tapi juga terjun langsung ke lapangan untuk melihat wisata budaya ke kolam Ikan Dewa, Linggarjati, dan Cirebon dalm kegitan outing dan wisata dan budaya. Setelah beres itu mereka ujar dia, diajarkan membuat press release dn menyiapkan press conference.

“Para peserta yang dibagi kedalam kelompok tadi pada hari acara diwajibkan mempresentasi sebagai bahan latihan,” tandasnya.

Sebagai narasumber dalam kegiatan yang kali kedua di gelar di Kuningan ini orang-oreng terkenal seperti Wahyu Muryadi, Redaktur Eksekutif Tempo,Intan A Kattopo, Coporate Secretary BNI, Wina Armada dari Dewan Pres. Dan yang terakhir Kukuh Sanyoto mantan Anchor RCTI serta dari SPS.

“Dengan workshop kami berharap mereka mendapatkan ilmu yang bermanfaat dan dapat membantu mereka,” pungkasnya.

Arif W Prakoso salah satu peserta mengaku,ia sangat beruntunag mengikuti acara ini sebab banyak hal baru yang ditemukan yang belum diketahui. Mungkin kata dia , secara kenyataan di lapangan  banyak ditemukan tapi secara teori belum diajarkan.

“Nanti kalau membuat press release dan lainya saya tidak akan kaku lagi serta dijamin sukses,” katanya.(mus)


Foto agus mustawan: SPS Pusat Menggelar Eksekutif Kursus bagi 31 peserta dari 18 institusi. 


Posting Komentar untuk "SPS Gelar Executive Course Bagi PR "