Loading...

Sekda Berikan Motivasi ke Warga Binaan, Kalapas Kuningan: Jumlah Penghuni Overload

KUNINGAN (OKE)- Sekda Kuningan Dr H Dian Rachmat Yanuar hadir di Lapas Kelas II A Kuningan.  Pria yang diramaikan bakal maju dalam Pilbup itu hadir untuk memberikan motivasi kepada warga binaan.

Kegiatan ini merupakan agenda pimpinan daerah terhadap warga binaan pemasyarakatan, pada Selasa 4 Juni 2024.

Sekda Dian menyampaikan pesan mendalam mengenai pentingnya menjaga kesehatan dan bersyukur atas nikmat yang sering kali dilupakan. Ia  mengingatkan bahwa kekayaan materi tidak akan berarti tanpa kesehatan yang baik.

“Oleh karena itu, kita harus bersyukur. Disini  setiap hari bisa menikmati sinar matahari yang menyehatkan, bersosialisasi dengan teman-teman, dan menikmati suasana yang sejuk,” ungkap Sekda Dian.

Dian RY  juga menyampaikan salam dari PJ Bupati Dr. Drs. H. R. Iip Hidajat, M.Pd  yang tidak bisa hadir karena sedang berada bertugas  di Jakarta. “Pak PJ menyampaikan salam. Mudah-mudahan apa yang  dijalani dalam proses pembinaan ini akan membawa hikmah dan kebaikan,” tambahnya.

Sekda Dian menuturkan, bahwa kehidupan penuh dengan gelombang cobaan dan ujian yang harus dihadapi dengan sikap positif dan penuh kesabaran. Setiap orang mengalami sulit, masa suka dan duka, kadang di atas, kadang di bawah. 

Hal ini tergantung pada bagaimana  menyikapinya. Jika menyerah, kita akan kalah. Namun, banyak orang yang berhasil keluar dari rintangan karena menjadikan ujian sebagai momentum kebangkitan.

“Setiap manusia tidak sempurna dan memiliki kesalahan. Oleh karena itu, penting untuk berdamai dengan diri sendiri dan tidak menyalahkan orang lain atas kesulitan yang dihadapi. Kita harus mengakui kelemahan, tetapi juga menyadari bahwa kita memiliki kelebihan yang mungkin belum kita maksimalkan” ujarnya.

Menurutnya, banyak orang sukses yang berasal dari latar belakang yang tidak mudah dan mereka berhasil karena mengenali dan mengembangkan potensi yang ada teruslah berusaha, yakinlah solusi itu ada.

“Banyak cerita tentang orang-orang sukses yang berasal dari ketidakmampuan atau keadaan sulit. Namun berhasil karena mampu berdamai dengan diri sendiri dan memanfaatkan potensi yang dimiliki,” tambahnya.

Sekda Dian mengajak warga binaan untuk ikhlas dan sabar dalam menghadapi proses pembinaan. “Kendati berat dalam proses ini, namun teruslah untuk berdamai dengan diri sendiri tanpa menyalahkan siapapun. Bukankah  keikhlasan  dan kesabaran adalah kunci dari kesadaran. Semoga selepas dari Lapas dapat kembali menjadi sosok yang yang dirindukan oleh lingkungan untuk senantiasa berbuat yang bermanfaat,” ucapnya.

Lebih lanjut, Kalapas Kelas II A Kuningan, Panji Kurnia Pamekas menyebutkan, pada hari ini tanggal 4 Juni 2024, Lapas Kuningan dihuni  oleh 522 warga binaan yang mana se-yogyanya kapasitas sebanyak 252 warga. Sehingga  sudah overload. Untuk warga binaan asal Kuningan sebanyak 216 orang.

“Alhamdulillah, Lapas Kuningan tetap dalam keadaan kondisi kondusif. Ini semua terjalin karena dari hati nurani para warga binaan merasa memiliki dengan menjaga baik kebersihannya, ketertibannya, keindahannya, yang paling utama adalah keamanannya,” terangnya.

Panji Kurnia menyampaikan terima kasih atas motivasi yang disampikan Pak Sekda Dian atas  Sapaan Pagi bagi warga binaan. Semoga apa yang disampikan menjadi cerminan dan pelajaran, yang diharapkan dapat memberikan semangat baru bagi warga binaan Lapas Kelas II A Kuningan untuk terus berusaha memperbaiki diri dan mempersiapkan masa depan yang lebih baik. 

Posting Komentar untuk "Sekda Berikan Motivasi ke Warga Binaan, Kalapas Kuningan: Jumlah Penghuni Overload"