Loading...

Tingkatkan Kepedulian Siswa Akan Pelestarian Lingkungan, SMPN 1 Cimahi Tanam Empat Ribu Pohon

KUNINGAN (OKE) - Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH.,MH. menghadiri Kegiatan Gerakan Sekolah Menanam dengan tema “Tingkatkan Terus Kepedulian Terhadap Pelestarian Lingkungan" bertempat di SMPN 1 Cimahi, Kecamatan Cimahi, Kabupaten Kuningan, Kamis (30/12/2021).

Tujuan kegiatan Gerakan Sekolah Menanam ini adalah untuk menumbuhkan kesadaran & kepedulian terhadap warga sekolah dan masyarakat tentang pentingnya penyuluhan kerusakan hutan dan lahan melalui penanaman pohon.

Supriyadi, M.Pd selaku Ketua Panitia menyebutkan, ada kurang lebih 4.000 pohon yang rencananya akan ditanam, Jelas H. Supriyadi, M.Pd selaku Ketua Panitia.

Bupati Kuningan Acep Purnama SH., MH salam sambutanya menjelaskan, peran serta masyarakat, sekolah dan stakeholders lainnya di kabupaten kuningan dalam upaya menjaga dan memelihara lingkungan merupakan komitmen bersama dalam mewujudkan kabupaten  kuningan sebagai Kabupaten KonservasiKonservasi.

"kepedulian masyarakat dalam mengelola dan memelihara lingkungan melalui kegiatan penghijauan dengan melibatkan para siswa,  guru di sekolah menjadi pintu masuk menuju sekolah berbudaya lingkungan (adiwiyata), " ungkapnya.

Menurutnya, Gerakan sekolah menanam merupakan bagian dari program sekolah berbudaya lingkungan (adiwiyata) dalam rangka mendorong terciptanya budaya dan kesadaran warga sekolah, untuk menjaga lingkungan sekolah yang sehat serta hijau program ini mengacu kepada undang-undang nomor 32 tahun 2009 tentang perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

" Ada 4 (empat) komponen untuk mencapai tujuan program sekolah berwawasan lingkungan (adiwiyata) yang menjadi satu kesatuan utuh dalam mencapai sekolah adiwiyata, yaitu kebijakan berwawasan lingkungan, Pelaksanaan kurikulum berbasis lingkungan, Kegiatan lingkungan berbasis partisipatif dan pengelolaan sarana pendukung ramah lingkunganlingkungan, " Jelasnya.

Selain itu dikatakan Bupati Acep, pada tahun 2021 ini Kabupaten Kuningan mendapat penghargaan Raksa Persada dari Pemerintah Provinsi Jawa Barat, diantaranya 8 sekolah Adiwiyata Tingkat Provinsi dan Penghargaan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan untuk 2 sekolah Adiwiyata Tingkat Nasional.

“Gerakan Sekolah Menanam ini merupakan kerjasama & kolaborasi stakeholder seperti Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Dinas Lingkungan Hidup dan para pemangku kepentingan untuk mempertahankan lingkungan agar tetap lestari. Untuk itu mari kita bersama-sama menggelorakan gerakan menanam di lingkungan kita masing-masing” Jelas bupati.  

Kepala Bidang SMP Disdikbud Kuningan, Abidin menambahkan, gerakan ini sebagai salah satu langkah untuk mewujudkan sekolah berbasis lingkungan.

Menurutnya, pada akhirnya secara bertahap, sekolah yang meraih Adiwiyata bisa mencapai target di kisaran 50 persen pada tahun mendatang.

“Ini spirit kita untuk mencapai Sekolah Adiwiyata. Insya Allah kita akan mencapai angka yang ditargetkan, tahun depan bisa 50 persen dari total 108 sekolah,” imbuhnya.

Hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Sekda Kabupaten Kuningan, Asisten Pemerintahan Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Kepala Dinas Lingkungan Hidup.

Selanjutnya, Kabag Kesra Setda Kabupaten Kuningan, Kepala Desa Cimahi, Pimpinan PT. Taspen Cabang Cirebon, Camat Kecamatan Cimahi, pegiat lingkungan hidup dan unsur lainnya. (dhn) 

Posting Komentar untuk "Tingkatkan Kepedulian Siswa Akan Pelestarian Lingkungan, SMPN 1 Cimahi Tanam Empat Ribu Pohon"