Loading...

Kini Jadi Direktur PAM Tirta Kamuning, Dulu Ukas Nyaris Jadi Penyuluh Pertanian

 


KUNINGAN (OKE)- Perjalanan hidup seseorang mutlak menjadi rahasia Allah SWT. Begitu juga dengan Dr Ukas Suharfaputra MP  yang dilantik menjadi Direktur PAM Tirta Kamuning periode 2023-2028 oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama yang juga merupakan  Kuasa Pemilik Modal  pada Senin (25/09/2023) di Aula Gedung PAM Jalan RE Martadinata. 

Kepada kuninganoke.com, pria yang dikenal juga sebagai vokalis Plat Beureum Band itu mengaku, tidak pernah bermimpi menjadi  Direktur PAM apalagi ia seorang PNS yang tidak mungkin ujug-ujug menjadi pegawai BUMD.

"Ini takdir dari Allah, kalau saya ditanya apa nyangka bakal menjadi direktur? tentu jawabanya tidak," ujar Ukas yang juga Ketua IPSI Kabupaten Kuningan.

Ia mengaku pada saat pada tahun 2000-an ditempatkan di Dinas Kehutanan Kuningan sempat meminta dipindahkan ke menjadi penyuluh pertanian. Hal itu karena pada saat itu jumlah  pejabat di struktural melimpah.

Namun garis hidupnya berubah ketika ia mempunyai kemampuan  dalam membuat sambutan, presentasi dan juga bahasa Inggris. Kemampuannya  diketahui oleh Bupati Kuningan Arifin Setiamihardja (almarhum).

Sejak itu, ia tugasnya membuat sambutan  bupati dan kemampuannya dalam  berbagai hal diketahui orang banyak dan banyak dimintai bantuan sehingga pelan tapi pasti Ukas  dikenal sebagai anak muda yang potensial.

Dan pada suatu kesempatan ia dipromosikan menjadi pejabat eselon 4 dan dari situ pelan tapi pasti karirnya melejit. Bupati terus berganti Ukas pun terus meningkat dalam  karirnya dan akhirnya pada suatu kesempatan Allah memberikan jalan untuk menjadi Direktur PAM.

"Target saya adalah memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan agar pasokan air bisa normal selama 24 jam," ujarnya.

Saat ini baru 12 kecamatan yang dilayani oleh PAM Kuningan, kedepannya tentu ingin semua terlayani. Pihaknya pun terus mencari sumber mata air dan tentu menambah debit air agar pelanggan selalu terlayani.

Sekadar informasi pelantikan mantan  pejabat eselon 2 Pemkab Kuningan lebih cepat dari perkiraan. Hal ini karena pengajuan pensiun Ukas sudah keluar pada Jumat (22/9/2023). Ukas Sendiri sebelumnya merupakan Asisten Perekonomian dan Pembangunan  Kuningan.

Awalnya Ukas pada tanggal 8 November 2022 diangkat sebagai Plt Direktur Perumda Air Minum Tirta Kamuning, untuk menggantikan Derektur sebelumnya yang meninggal dunia yakni Deni Erlanda.

Ternyata, pada bulan 9 Mei jabatan Plt  diperpanjang  6 bulan kemudian. Sebelum masa jabatan beres, Bupati Kuningan selaku   Kuasa Pemilik Modal membyuka pendaftraan calon Direktru PAM Titra Kamuning.

Dan diluar dugaan Ukas terpilih setelah wawancara akhir bersama bupati.  Diam-diam selama hampir 1 tahun menjabat Plt, Ukas yang pernah menjadi Kadis Ketahanan Pangan dan Pertanian itu selalu mengikuti sertifikat kompetensi dan ia lolos lulus sertifikasi utama beberapa hari menjelang pembukaan pendaftaran.

Terpilihnya Ukas  dari kalang PNS bukan kali pertama dalam sejarah PAM Tirta Kamuning yang dulunya bernama PDAM. Sebab, almarhum Tonny Pandji Purnama juga pernah ditugaskan hingga 2002.

Bedanya dengan jabatan dulu adalah, Direktur dalam kapasistas diperbantukan sehingga tidak perlu mundur dari PNS. Sedangkan aturan baru PNS harus mundur dan Ukas pun mundur.

Pada saat pelantikan bukan hanya Bupati Kuningan yang hadir, tapi juga Wabup Kuningan HM Ridho Suganda, Sekda Kuningan Dr H Dian Rachmat  Yanuar MSi. Lalu, para pejabat eselon 2 dan para  tamu undangan.

"Atas nama pribadi dan Pemerintah Daerah Kab. kuningan, saya ucapkan selamat atas dilantiknya  Dr Ukas Suharfaputra, Mp Sebagai Direktur Perumda Air Minum Tirta Kamuning Kuningan untuk periode 2023-2028," sebutnya bupati.

Diterangkan, pihaknya  ingin menekankan pentingnya efektivitas keuangan dalam operasional PAM Tirta Kamuning.Semua tahu, bahwa air adalah sumber daya yang krusial bagi kehidupan, dan tugas PAM Tirta Kamuning adalah memastikan air berkualitas tinggi tersedia untuk seluruh masyarakat di kota kudadengan harga yang terjangkau. 

"Oleh karena itu, saudara Direktur harus dapat memastikan anggaran perusahaan dikelola secara efektif dan efisien. Dengan efektivitas dan efisiensi anggaran akan memungkinkan untuk terus berinvestasi dalam infrastruktur yang diperlukan untuk meningkatkan pelayanan," ucap bupati.

Lebih lanjut bupati berpesan, yang  harus diperhatikan juga pada peningkatan jumlah sambungan rumah. Sambungan rumah yang lebih banyak akan memastikan lebih banyak lagi masyarakat yang memiliki akses yang aman terhadap air minum dan juga akan memberikan dampak positif pada pendapatan perusahaan.

“Saya yakin dan kita harus yakin bahwa beliau mampu memimpin PDAM menjadi lebih baik lagi, sehingga pelayanan kepada masyarakat pun akan meningkat," tambahnya.

Lebih lanjut Bupati menyampaikan harapannya Seperti lagu Bengawan Solo, yakni air mengalir sampai jauh , dan masyarakat Kuningan dapat terlayani jaringan PDAM Tirta Kamuning.

Bupati menilai PAM Tirta Kamuning ini sebagai Perusahaan Daerah yang sehat.Disamping sehat, ke depan harus bisa ditingkatkan dengan “wal afiat” juga dalam artian ada capaian lain yang terus meningkat.

Kepada keluarga besar PDAM Bupati berpesan mari sama sama kita dukung Direktur yang baru ini untuk PDAM Tirta Kamuning yang lebih maju lagi kedepannya.

“Kami percaya, bahwa dengan kerja keras, dedikasi dan Visi yang tepat, PAM Tirta Kamuning Kab. Kuningan dapat terus berkembang dan memberikan manfaat yang lebih besar bagi masyarakat Kab. Kuningan," pungkasnya.

Usai acara Ukas pun mendapatkan ucapan selamat  dari para bupati, wabup dan sekda. Selain itu juga para tamu undang lainya.(rdk)


Posting Komentar untuk "Kini Jadi Direktur PAM Tirta Kamuning, Dulu Ukas Nyaris Jadi Penyuluh Pertanian"