Loading...

Patut Ditiru, Rekruitmen Perangkat Desa di Kertayasa Gunakan Test CBT

 

KUNINGAN (OKE)- Salah satu inovasi yang diterapkan dalam rekruitmen calon perangkat desa Kertayasa yaitu pada tahapan test Computer Based Test (CBT) termasuk  mereformasi transparansi nilai. 

Hal itu terjadi dalam tahapan proses seleksi calon Kepala Dusun Kaliwon Desa Kertayasa, Kecamatan Sindangagung, di kantor desa setempat pada , Senin, (29/8/2022). 

"Terdapat tiga tahapan seleksi yang kami lakukan bagi calon perangkat desa. Test tulis melalui CBT, test komputer dan wawancara," ujar  Ketua Panitia Seleksi, Dodi Sofiyudin. 

Menurut Dodi, rekrutmen perangkat desa  harus dilakukan dengan tepat karena di satu sisi dapat menjadi kekuatan bagi organisasi dan di sisi lain dapat melemahkan kekuatan organisasi itu sendiri. 

"Sebagai bentuk transparansi, setiap peserta diminta untuk mengikutkan satu orang saksi yang akan menyaksikan keseluruhan test yang dilaksanakan," kata  Dodi, yang juga tenaga pendidik di MTsN 2 Kuningan. 

Terposah, Kepala Desa Kertayasa Arief Amarudin mengatakan, proses rekruitemen calon perangkat desa diatur dalam Peraturan Mendagri (Menteri Dalam Negeri) Nomor 67 Tahun 2017. 

Permendagri tersebut berisi perihal perubahan atas Permendagri Nomor 83 Tahun 2015 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Perangkat Desa. 

Berikut persyaratan umum yang harus dipenuhi peserta untuk bisa mendaftar sebagai calon perangkat desa: 

- Berpendidikan paling rendah SMA atau sederajat 

- Berusia antara 20 sampai 42 tahun saat mendaftar 

- Memenuhi kelengkapan persyaratan administrasi lainnya. 

"Saya mengapresiasi kepada ketiga calon Kadus Kaliwon juga masyarakat yang sudah memeriahkan dengan arak arakan naik delman dan iringan genjring mengantarkan calon kadus ke kantor Desa," sebut Arief. 

Potret demokrasi dari desa, dengan azas transparansi, partisipatif, sportif dan akuntabel ini harapannya dapat menjadi rool model keberlanjutan kontestasi apapun bentuknya di masyarakat Desa Kertayasa.

Sekadar infromasi, kades yang peranah menjadi wartawan Antara ini memang sangat luar biasa. Dengan usai masih mudah banyak terobosan yang dilakukan dan hailnya terlihat dengan kemajuan desa dan juga prestasi.  (dhn.rdk)

Posting Komentar untuk "Patut Ditiru, Rekruitmen Perangkat Desa di Kertayasa Gunakan Test CBT "