Loading...

Tanggulangi Stunting, Unisa dan Unsil Lakukan Penyuluhan dan Bagikan Bibit Sayuran


KUNINGAN (OKE)- Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Islam Al-Ihya Kuningan melakukan pengabdian kepada  masyarakat bekerjasama dengan dosen Fakultas Pertanian Universitas Siliwangi. Hal ini  guna  mewujudkan penurunan angka stunting di sebagian wilayah Kabupaten Kuningan.

Kegiatan ini  dilaksanakan pada tanggal 10 November 2022 bertepatan dengan perayaan Hari Kesehatan  Nasional. Pengabdian  bagian dari  implementasi stunting yang digelar ini merupakan suatu intervensi stunting yang  ditugaskan dari Dinas Kesehatan ke Universitas Islam Al-Ihya Kuningan.

Penyuluhan  dilaksanakan di wilayah binaan Universitas Islam AlIhya Kuningan yaitu di Desa Jambugeulis dan Desa Bunigeulis Kecamatan Cigandamekar dengan mengundang elemen masyarakat yang menjadi sasaran timbulnya stunting.

Mereka itu adalah Ibu dengan balita yang menderita stunting yang ada di wilayah tersebut. Kegiatan ini turut dihadiri pula  oleh Camat Cigandamekar, Kepala Desa Jambugeulis, Kepala Desa Bunigeulis, dan Kepala  Puskesmas Cigandamekar.

Pimpinan Universitas Islam Al-Ihya Kuningan yang kali ini diwakili oleh Dekan Fakultas Ilmu  Kesehatan yaitu Alfiani Rizki, S.S.T., M.M.RS menyampaikan kegiatan stunting kali ini berbeda  dengan kegiatan tahun kemarin yang teknis pelaksanaannya yaitu memberikan PMT dengan  evaluasi tidak membantu dalam penurunan stunting.

Namun untuk sekarang diganti  pengabdiannya lanjut dia, dengan mengajak dan mengedukasi kepada masyarakat untuk mulai menanam  sayuran di pekarangan. Dari itu bentuk pengabdian dari  Unisa  kali ini dengan membagikan media tanaman dan bibit  sayuran diantaranya bayam, kangkung, dan lain-lain.

Dalam kegiatan ini selain membagikan bibit tanaman juga dijelaskan kepada masyarakat  berbagai penyebab stunting yang timbul dari berbagai sektor terutama dari pola asuh, pola  hidup, dan pemenuhan gizi.

Camat dan Kepala Desa turut mengapresiasi atas terselenggaranya kegiatan ini, karena bisa ikut serta melakukan penyuluhan kepada masyakarat termasuk pemberian edukasi gizi  yang disampaikan oleh Aisyah Nurkhopipah, S.Si.T, M.Gz selaku Ketua Prodi Gizi Unisa  dan juga terkait dengan peningkatan bahan pangan yang bekerja sama  dengan Universitas Siliwangi Tasikmalaya yaitu Suci Apsari Pebrianti, S.T.P., M.Sc.

“Seharusnya setiap penyuluhan itu jangan hanya memberikan MPASI saja, tapi memberikan  edukasi itu tersendiri kepada masyakat maka dari itu kegiatan yang dilaksanakan oleh  Unisa  ini sangat tepat, dan terima kasih karena sudah membantu  dalam pelaksanaan upaya penurunan angka stunting di Cigandamekar” Ucap Kepala Puskesmas Cigandamekar.

Ditempat yang sama Kepala Desa Jambugeulis dan Bunigeulis berharap dengan terselenggaranya kegiatan penyuluhan  dari Unisa  ini semoga ibu-ibu yang memiliki balita stunting bisa merubah  pola hidupnya dan memperbaiki gizi dengan menerapkan materi penyuluhan yang disampaikan  dan semoga angka stunting dapat berkurang secara berkala.(dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "Tanggulangi Stunting, Unisa dan Unsil Lakukan Penyuluhan dan Bagikan Bibit Sayuran"