Loading...

Catat, Ada Operasi Zebra, Ini Waktunya

 

KUNINGAN (OKE)-Operasi Zebra 2023 resmi dilaksanakan mulai hari ini selama dua pekan mendatang yakni mulai tanggal 4 hingga 17 September 2023. Operasi ini  bertujuan untuk meningkatkan kepatuhan masyarakat terhadap aturan berkendara serta mendukung kelancaran lalu lintas.

Pengguna kendaraan baik roda dua maupun roda empat, wajib melengkapi surat-surat berkendara seperti Surat Izin Mengemudi (SIM), Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK), dan Tanda Nomor Kendaraan Bermotor (TNKB) atau pelat nomor sesuai aturan yang berlaku. 

Pengendara yang menjadi sasaran dalam razia ini antara lain menggunakan handphone saat berkendara, kecepatan melebihi batas kecepatan yang ditentukan, berkendara dalam pengaruh alkohol, pengendara di bawah umur, tidak menggunakan helm SNI saat berkendara, melawan arus dan berboncengan lebih dari 1 orang.

Hal tersebut diungkapkan Kasat Lantas Polres Kuningan AKP Vino Lestari usai melaksanakan apel gelar pasukan di Mapolres Kuningan, Senin (4/9/2023).

Selain tujuh pelanggaran tersebut,kata Vino,  polisi juga akan menindak pengendara yang memakai knalpot brong dan pengemudi roda empat yang tidak menggunakan safety belt.

“Pelaksanaan operasi zebra kali sesuai dengan perintah pimpinan, tidak dilakukan secara stasioner tapi kami lakukan secara mobile atau hunting dengan penindakan secara ETLE atau tilang elektronik yang diterapkan,” ujar Vino kepada awak media.

Adapun tujuan dan target Operasi Zebra 2023 adalah menurunkan angka pelanggaran lalu lintas, menurunnya angka kecelakaan lalu lintas, menurunnya angka fatalitas korban kecelakaan lalu lintas dan meningkatkan disiplin dan kepatuhan masyarakat dalam berlalu lintas.

Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian dalam amanatnya membacakan sambutan Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Akhmad Wiyagus menyampaikan terciptanya kamseltibcar lantas yang aman dan kondusif di era saat ini tentunya memerlukan upaya dan kerja keras.

“Adapun upaya-upaya yang dilakukan secara preemtif dan preventif serta didukung gakkum lantas secara elektronik dengan menggunakan ETLE statis dan mobile dalam rangka meningkatkan kesadaran dan kepatuhan masyarakat terhadap peraturan lalu lintas,” ujar Kapolres saat memimpin upacara gelar pasukan Operasi Zebra 2023 di Halaman Mapolres Kuningan.

Operasi Zebra menjadi kegiatan yang digelar secara rutin setiap tahun secara serentak, dengan menyesuaikan situasi pada tahun tersebut. Tahun 2023, operasi digelar dengan situasi terkini menjelang pelaksanaan pemilu dengan tema "Kamseltibcar Lantas yang Kondusif Menuju Pemilu Damai 2024.

Posting Komentar untuk "Catat, Ada Operasi Zebra, Ini Waktunya"