Loading...

Diserahkan Bupati, Koptan Disawer Alsintan

KUNINGAN (OKE)- Dalam upaya mendorong peningkatan Produksi Pangan bagi para Kelompok tani di Kabupaten Kuningan, Bupati Kuningan H. Acep Purnama SH MH menyerahkan bantuan sarana dan prasarana pertanian berupa alat dan mesin pertanian (Alsintan) yang berasal dari APBN Tahun anggaran 2023.

Bertempat di Halaman Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, Penyerahan bantuan ini juga di rangkaikan dengan pelaksanaan apel pagi dihadapan seluruh pejabat struktural, pejabat fungsional beserta staff yang terdiri dari ASN maupun Non ASN, Selasa (10/10/2023).

Sejumlah 23 Kelompok Tani diberikan sarana pertanian berupa mesin APPO sebanyak 4 unit, Cultivator sebanyak 13 unit, Hand Traktor 2 unit dan Handsprayer 4 unit.

Bupati Acep menitipkan bahwa bantuan Alsintan ini tidak hanya semata-mata hibah yang diberikan kepada kelompok tani oleh pemerintah, tapi ada kewajiban kelompok tani yang harus dipenuhi agar pemanfaatan alsintan ini lebih optimal.

“Yang pertama, alsintan ini harus dimanfaatkan untuk kepentingan kelompok tani dan anggotanya, bukan untuk kepentingan pengurus kelompok tani.  Yang kedua, alsintan ini harus di rawat agar umur efektifitas penggunaannya lebih lama. Dan yang ketiga, alsintan ini benar-benar harus dijaga agar tidak hilang karena apabila hilang itu menjadi kewajiban kelompok tani untuk mengganti dimana hal itu sudah tertuang dalam naskah perjanjian hibah. Oleh karena itu, mari kita bersama-sama menjaga aset ini agar dalam jangka panjang dapat bermanfaat bagi petani” Himbau Acep.

Lebih lanjut Acep menyebutkan bahwa dukungan dari pemerintah ini diharapkan dapat dimanfaatkan sebaik-baiknya oleh kelompok tani sehingga petani mampu meningkatkan pendapatannya dan ikut berperan aktif membantu pemerintah dalam mensukseskan program-program pembangunan pertanian.

“Selain itu, bantuan ini diharapkan menjadi salah satu faktor yang secara langsung berperan dalam pengendalian inflasi di daerah” Tutur Acep.

Untuk di ketahui bersama, bahwa sampai dengan hari ini, pemerintah pusat maupun daerah melalui dinas ketahanan pangan dan pertanian Kabupaten Kuningan telah menyalurkan bantuan alsintan sebanyak 65 unit.

Jumlath itu terdiri dari hand traktor 15 unit, cultivator 2 unit, motor roda tiga 2 unit, pompa air 6 unit dan hand sprayer sebanyak 40 unit. Total ditambah dengan penyaluran hari ini bantuan alsintan yang tersalurkan sebanyak 94 unit.

Walaupun jumlah alsintan yang di distribusikan ke kelompok tani masih jauh dari jumlah ideal kebutuhan petani, akan tetapi bantuan ini diharapkan dapat mendorong efisiensi usaha tani, yang secara langsung berdampak terhadap peningkatan percepatan tanam, peningkatan indeks pertanaman, peningkatan produksi pertanian serta peningkatan pendapatan petani. 

Dimana salah satunya dapat mengurangi biaya usaha tani sehingga secara tidak langsung dapat meningkatkan pendapatan petani.(rdk)

Posting Komentar untuk "Diserahkan Bupati, Koptan Disawer Alsintan"