Loading...

Warga Sindangkempeng Peringati Maulid, Temanya Meneladani Akhlak dan Meningkatkan Cinta Kepada Rasulullah SAW

 

KUNINGAN (OKE)- Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW digelar dimana-mana termasuk di Desa Sindangkempeng Kecamatan Pancalang.  Warga setempat menggelar pada Minggu (8/10/2023) pagi di di masjid Hidayatullah. 

Peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW merupakan sarana bagi warga Desa Sindangkempeng untuk merayakan kelahiran Nabi Agung pembawa pesan Allah SWT.  Acara dimulai pukul 08.00 WIB dan semua hadir termasuk  Kepala Desa, Aparat desa, KETUA MUI, Ketua DKM, BPD, Ketua RT/RW,Ibu PKK, Ketua Karang Taruna, Ketua Formis tamu undangan  dan masyarakat setempat.

Tepatnya pukul 08.30 WIB acara dimulai. Prosesi kegiatan dibuka oleh MC setelah itu diawali dengan lantunan bacaan sholawat diiringi rebana oleh Forum Remaja Masjid Sindangkempeng. Setelah itu rangkaian acara dilanjut dengan pembukaan oleh ketua DKM, ketua MUI dan sambutan oleh  Kepala Desa. 

“Selaku ketua DKM,sekaligus  ketua pelaksana peringatan Maulid nabi SAW 1445H, saya Mengucapkan Terimakasih kepada semua pihak yang sangat antusias dalam acara maulid nabi ini,’’ ujar  Ketua DKM Mesjid Hidayatullah Ustadz Sandi Herdiyanto.

Antusiasme masyarakat sangat tinggi, hal ini terbukti penuhnya area masjid. Warga juga di dihimbau oleh RT setempat untuk membawa 3 atau 5 pontrang nasi yang sudah ada lauknya sehingga saat selesai acara setiap warga akan dibagikan pontrang nasi dan pipiti nasi yang sudah dikumpulkan dan disediakan.

Menurut Kadaes Haryanto, perayaan Maulid merupakan bentuk kebahagiaan atas datangnya sang penolong, pembawa kabar gembira dan peringatan, Rasulullah Muhammad SAW yang pada senin 12 Rabi’ul Awal telah lahir ke dunia. 

Harapan dari terlaksananya peringatan maulid Nabi Muhammad SAW adalah menyatukan masyarakat dengan iman dan kebahagiaan lahirnya sang panutan, Rasulullah Muhammad SAW dan mencontoh akhkah beliau. 

"Terimakasih kepada masyarakat atas kerjasamanya dan antusiasnya untuk mengikuti kegiatan maulid,” ujarnya.

Acara memperingati Hari Maulid Nabi Muhammad SAW mengambil tema   “Meneladani Akhlak dan Meningkatkan Cinta Kepada Rasulullah SAW” yang dikuatkan dengan ceramah oleh  Ustadz Abdul Kholik S.Ag. MPd.I yang terus menerus mengingatkan bagaimana  akhlak teladan Nabi Muhammad SAW.

Dikatakan, persiapan acara relatif singkat, karena dilakukan hanya 2 hari, namun dengan adanya kerjasama yang baik dan kompak dengan seluruh pihak, baik dkm, MUI, majelis ta'lim, pemerintah desa, dan seluruh masyarakat.

"Semua persiapan acara berjalan dengan baik, dan dalam pelaksanaan kegiatan ini kami melibatkan anggota Remaja Masjid desa Sindangkempeng sebagai petugas dalam kegiatan ini, dan alhamdulilah semua berjalan dengan baik," pugkasnya. (rdk) 


Posting Komentar untuk "Warga Sindangkempeng Peringati Maulid, Temanya Meneladani Akhlak dan Meningkatkan Cinta Kepada Rasulullah SAW"