Loading...

Rumah Terbakar, Warga Dobrak Pintu Demi Selamatkan Lansia

KUNINGAN (OKE)- Insiden kebakaran yang terjadi di Dusun Puhun Rt/Rw 03/01 Desa Mancagar Kecamatan Lebakwangi Selasa (17/10/2023) malam pukul 21.30 WIB nyaris menelan korban. Hal ini andai warga  telat menyelamatkan Ny Eloh (70) yang berada di rumah yang terbakar.

Rumah yang terbakar sendiri terdiri dari dua lantai dengan luas 6 X 8 = 48 M2 dan terbakar bagian lantas 2 yang berukuran 4 X 5 M yang merupakan milik Eloh dan almarhum Suripto.

Nya Eloh yang berprofeesi sebagai pedagang itu selama ini tinggal sendiri. Sedangkan anaknya sudah berkeluarga dan misah rumah tapi jaraknya berdekatan. Pada  saat kejadian pun yang mendobrak pintu bersama warga adalah anaknya.

Akibat dari kejadian itu korban menderita kerugian sebesar Rp53,5 juta.Adapun  rincian kerugian bangunan yang terbakar lantai 2 sebesar Rp50 juta.

Selanjutnya kipas angin Rp100 ribu, lemari plastik Rp200 ribu. Lalu, 2 buah springbed Rp2 juta, sepeda anak Rp500 ribu, dan kursi Rp500 ribu.

Meski kejadian kebakaran pukul 21.20 WIB, laporan masuk pukul 21.40 WIB dari Dede Irawan pegawai Distanakan Kuningan. Petugas Damkar tiba di lokasi pukul 22.15 WIB dan mulai pemadaman 22.20 WIB dan beres pukul 23.00 WIB atau butuh waktu 1 jam.
 

Menurut Wandi (42) anak korban, pada pukul 21.00 WIB saat dirinya tengah tidur di rumahnya tidak jauh dari tempat tinggal ibunya, ia mendengar teriakan dari dalam rumah dan  ia pun langsung keluar rumah untuk mengecek.

Betapa kagetnya ternyata insiden kebakaran itu menimpa rumah ibunya.Setelah ia mendapat kabar dari Warsiman (48). Wandi pun langsung bergegas melakukan pertolongan dan ia mengetahui ibunya ada di lantai bawah.

Meski dilantai 2 sudah berkobar api, ia bersama dengan warga mendobrak pintu dan langsung membawa ibunya ke tempat aman. Ibunya kala itu tengah tertidur. Warga sekitar langsung melakukan pemadaman dengan alat seadanya.

Namun, karena api terus membakar Dede Irawan melaporkan kejadian tersebut kepada pihak Damkar. Dengan menerjunkan 6 petugas serta dibantu warga sekitar dan aparat akhirnya api bisa dipadamkan.

"Alhamdulillah api bisa dipadamkan satu jam kemudian. Mengenai penyebab kebakaran dari arus pendek listrik di bagia atap plafon lantai 2. Hal ini karena pecahnya bola lampu yang bukan SNI," jelas Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti MSi. 

Rumah sendiri dihuni oleh dua orang yakni Ny Eloh dan cucunya Sadam berusia 29 tahun. Pemilik rumah memerlukan bantuan perbaikan bangunan rumah , logistik dan bantuan lainnya.  Sedangkan  jarak TKP kebakaran dengan jalan raya +- 150 Meter 

"Ingat  Apabila terjadi kebakaran, segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kab.Kuningan di No (0232) 871113 & 081322698881. Layanan Gratis /tidak dipungut biaya apapun," pungkasnya. (rdk) 

Posting Komentar untuk "Rumah Terbakar, Warga Dobrak Pintu Demi Selamatkan Lansia "