Loading...

Geliat Digital di Kertayasa Tumbuh Berkat Program Desa Cerdas

 

KUNINGAN (OKE)-Program Desa Cerdas yang dicanangkan oleh Kementerian Desa Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (PDTT) berhasil mendorong geliat pertumbuhan talenta digitalisasi di Desa Kertayasa Kecamatan Sindangagung Kabupaten Kuningan.

Melalui pelatihan literasi  digital telah mengasah keterampilan untuk memanfaatkan platform digital, norma dan etika bermedsos, serta digital marketing untuk meningkatkan kualitas hidup. Sabtu, 14/10/2023.

"Tujuan program desa cerdas (Smart Village) adalah konsep pendekatan pembangunan yang mendorong desa untuk melakukan transformasi pemanfaatan teknologi," kata Kepala Desa Kertayasa, Arief Amarudin.

selain itu, ditujukan peningkatan kualitas layanan dasar serta pembangunan desa berbasis pemberdayaan masyarakat yang inklusif, berkelanjutan melalui peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM).

Adapun pelatihan yang dilakukan tidak hanya mencakup dasar mengakses internet tapi juga bagaimana memanfaatkan internet dengan seoptimal mungkin.

"Misalnya untuk para pelaku UMKM, Bakti Kominfo mengajarkan ilmu marketing digital untuk berjualan di media sosial maupun platform-platform e-commerce,kami lihat banyak potensi," kata Arief.

Hadir dalam pelatihan tersebut sebanyak 25 orang peserta generasi millenial, bertindak sebagai salah seorang praktisi digital marketing dan dosen UNIKU serta duta digital kabupaten dan Perangkat Desa Kertayasa.

Ia berharap, rencana tindak lanjut program yang sudah tersusun bisa berjalan sesuai harapan, sehingga terwujud desa edukasi berbasis digital dan membantu mensejahterakan masyarakat.(rdk)

Posting Komentar untuk "Geliat Digital di Kertayasa Tumbuh Berkat Program Desa Cerdas"