Loading...

Sudah 2 Minggu Si Cantik Rasi Menunggu Slamet Ramadhan, Sang Pejantan Tak Jua Muncul


KUNINGAN (OKE)- Sejak kedatangan ke Taman Nasional Gunung Ciremai pada tanggal (31/1/2022)  dan ditempatkan di kandang habituasi si Cantik Rasi macan tutul Jawa Betina belum juga didatangi Slamet Ramadhan.

Sang penjantan   itu belum juga datang  ke kadang jebak di sebelahnya. Padahal  sudah lebih dari 2 Minggu macan tutul jawa betina berada di kandang habituasi.

https://www.kuninganoke.com/2022/02/sebelum-dilepas-di-ciremai-si-cantik.html

Rekaman kamera pengawas  memperlihatkan sesekali rasi memandang ke luar kandang  seolah merasakan  kehadiran satwa liar lainnya.  Mungkinah Slamet Ramadhan kah itu?

Sekadar informasi selain untuk bersanding dengan Slamet Ramadhan, Rasi ditunjukan untuk memancing sang penjantan untuk membuka GPS Colar yang telah dipasang pada saat dilepasliarkan.

Slamet Ramadhan dilepasliarkan pada tanggal 9 Juli 2019, hingga kini ia hidup sehat. Agar bisa berkembang biak maka ia akan disandingkan dengan sang betina.

https://www.kuninganoke.com/2022/01/selamat-datang-calon-ratu-penguasa.html

Rasi adalah keturanan Garsel alias Garut Selatan. Ia diserahkan oleh masyrakat kampung Bunisari Desa Cikondang Kecamatan Cisompet Kabupaten Garut Provinsi Jabar kepada BKSDA Jabar.  

Setelah itu ia kemudian langsung direhabilitasi di PPA Cikanangan pada tanggal 2 Juli 2019. 

Rasi ditemukan  diperbatsan hutan dengan permukiman. Diprediksi usia awal adalah 3-6 bulan. Sedangkan Rasi kini sudah berusia 2,6 tahun dengan berat 50 Kg.

https://www.kuninganoke.com/2022/02/awasi-habituasi-macan-tutul-jawa-tiga.html

Perlu diketahui panthera pardus melas nama latin dari macan tutul jawa . Macan ini mempunyai dua varian warna terang yakni jingga dan gelap (hitam). 

Pada umumnya rambut tersebut hitam mengkilap  dengan bintik-bintik gelap berbentuk kembang yang hanya bisa dilihat dibawah cahaya terang. 

Warna rambutnya yang demikian membantu adaptasi dengan habitatnya. Si rasi sendiri memilik warna terang dan Slamet hitam. (dhn/rdk/sumber IG TNGC)  


Posting Komentar untuk "Sudah 2 Minggu Si Cantik Rasi Menunggu Slamet Ramadhan, Sang Pejantan Tak Jua Muncul "