Loading...

Dari Kabid Dipindahkan Jadi Camat, Neneng: Ini Surprise!



KUNINGAN (OKE)- Proses pelantikan 8 camat baru di lingkup Pemkab Kuningan mengejutkan banyak pejabat, karena proses mutasi dilakukan ujug-ujug sehingga banyak yang kaget. Dalam hal ini Bupati Kuningan  H Acep Purnama mengaku dan mengaku disengaja.

Dari delapan Camat yang dilantik, nama Neneng  Nurlaela Sari SSTP MSi menjadi perhatian. Ia semula Kabid Penilaian Kinerja ,Kesejahteraan dan Pembinaan Aparatur di BKSPDM Kuningan dan oleh bupati dipindahkan menjadi Camat Nusaherang.

Orang nomor satu di kota kuda menempatkan Neneng karena selama ia merupakan lulusan IPDN. Dan dari zaman bupati Acep nyaris semua lulusan menempati posisi tersebut.
Bagi Neneng sendiri penempatan dirinya menjadi Camat mengejutkan dan terbukti ketika beres pelantikan itu ia menangis dengan rekan-rekan kerjanya yang ikut hadir. Ia dipeluk oleh rekan-rekannya seolah tidak percaya dipindahkan ke kecamatan.

Neneng sendiri mengikuti jejak Devi temannya yang juga alumni IPDN yang kini bertugas di Sindangagung. Kini jumlah Camat yang berasal dari kaum hawa ada  tiga yakni Camat Cibingbin Dra Imas, Camat Sindangagung Devi dan Neneng di Nusaherang.


"Bagi saya ini suprise. Memang saya alumni IPDN harus siap ditempatkan menjadi camat. Karena ini penugasan saya harus siap," jelasnya. 

Sekadar informasi  Bupati Kuningan H Acep Purnama, Kamis (16/11/2023) tiba-tiba melakukan pelantikan terhadap 8 Camat di Pendopo Kuningan. Pelantikan ini mendadak dan  tidak banyak diketahui oleh para pejabat lainnya kecuali yang menerima surat untuk pelantikan.

Dari kabar yang diterima oleh kuninganoke.com, saking mendadaknya banyak Camat yang dilantik kelabakan untuk mencari pakaian  atau persiapan. Bahkan ada Camat yang akan dilantik tengah berada di lapangan yang cukup jauh.

Mereka diberitahu sekitar pukul 14.00 WIB atau dua jam sebelum pelantikan. Tidak heran saking mendadaknya ada Camat yang akan dilantik bajunya kebesaran  karena memang belum mempunyai baju khusus camat.

"Karena mendadak ini baju juga hasil pinjaman sehingga terlihat kebesaran. Andai satu hari diberikan informasi mungkin akan ada persiapan. Meski begitu saya senang hari ini dilantik menjadi Camat Hantara," ujar Rio Cahyadi SE MPd usai dilantik sambil tersenyum lebar.

Terpisah, Bupati Kuningan H Acep Purnama mengatakan pelantikan dilakukan mendadak karena disengaja alasannya agar tidak bertumpuk. Meski mendadak orang nomor satu itu mengaku pelantikan ini tidak mudah karena harus dirumuskan untuk menempatkan orang.

"Saya ingin supaya maksimal dalam tugas dan penugasan, nyaman, enak. Kita bicara dari satu ke satu disesuaikan dengan karakter itu yang menjadikan pertimbangan. Itu saja juga terkadang-kadang ada kesalahan," jelasnya.

Mengenai mutasi masih akan dilakukan karena ketika ada promosi dari sekmat ke camat tentu harus diisi. Rencananya akan dilakukan mutasi pada pekan depan sekaligus dengan pelantikan eselon 2.

"Sebelum beres  tugas saya sebagai bupati saya ingin memberikan yang  terbaik .Doakan saja agar semua lancar. Insya Allah mutasi yang nanti semua jabatan tidak ada yang kosong," ucap bupati yang didampingi oleh Sekda Kuningan Dr Dian Rachmat Yanuar MSi.

Acep juga memastikan pelantikan ini tidak ada unsur KKN dalam penempatan pejabat yang akan mengisi 8 posisi baru. Mereka ditugaskan sesuai dengan kemampuan yang dimiliki.

Sekadar informasi, dari total 8 Camat yang dilantik, 3 merupakan rotasi, 1 pindahan dari BKPSDM dan sisanya adalah promosi dari Sekmat ke Camat. 

Adapun yang rotasi adalah Eko Yuyud Mahendra yang sebelumnya di Darma ke Kuningan.Kemudian, Ade Wibawa SSOS MSi dari Karangkancanan ke Luragung.

 Untuk M Reza SSTP MSi dari semula di Nusaherang ke Lebakwangi. Lalu, untuk Camat Nusaherang dijabat oleh Neneng Nurlaela Sari SSTP MSi yang semula Kabid Penilaian Kinerja , Kesejahteraan dan Pembinaan Aparatur di BKSPDM Kuningan.

Sementara empat yang promosi adalah Drs Ana Giriana yang semula Sekmat Darma menjadi Camat Karangkancana. Lalu, Ade Bunyamin SE MSi ditugaskan di Camat Ciwaru, yang sebelumnya Sekmat mandirancan.

Untuk Sekmat ke tiga adalah  Rio Cahyadi SE MPd kini menjadi Camat Hantara dari semula Sekmat Pancalang. Dan terakhir Rangga Apriatna SSTP menempati Camat Darma, dimana sebelumnya menjadi Sekmat di Lebakwangi.

Dari total 8 Camat yang dilantik hanya ada satu orang perempuan dan sisanya adalah kaum adam. Khususnya untuk Eko dan Ade menempati posisi yang kosong karena pensiun.

Sementara itu, pada saat pelantikan 8 Camat, nampak tidak ada Wabup Kuningan HM Ridho  Suganda.  Sedangkan pejabat eselon 2 yang hadir cukup banyak. (rdk)

1.Rio Cahyadi SE MPd Camat Hantara

2. Rangga Apriatna SSTP  Camat Darma

3.Ade Bunyamin SE MSi Camat Ciwaru

4.Drs Ana Giriana Karangkancana

5.Eko Yuyud Mahendra AP MSi Camat  Kuningan

6. Neneng Nurlaela Sari SSTP MSi  Camat  Nusaherang

7.Ade Wibawa SSOS MSi Camat Luragung. 

8.M Reza SSTP MSi Camat Lebakwangi

.


Posting Komentar untuk "Dari Kabid Dipindahkan Jadi Camat, Neneng: Ini Surprise!"