Loading...

Setelah Pimda Nyawah, Kini Ada Gerbang Berka

KUNINGAN (OKE)-Setelah "Pimda Nyawah," Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan meluncurkan Program inovasi terbaru yaitu "Gerbang Berkah," dilaksanakan setiap hari Jumat di jenjang PAUD, SD, dan SMP. 

Sesuai dengan Surat Edaran Bupati Kuningan, Nomor: 420/ 3012/ Disdikbud. Tentang Gerakan Membangun Kebersamaan yang Agamis di Sekolah (Gerbang Sekolah). 


Dibuat dalam rangka implementasi kurikulum merdeka dan upaya mewujudkan projek penguatan profil pelajar Pancasila, serta menumbuhkan kehidupan sosial di sekolah dengan kondisi lingkungan yang menyenangkan, melalui pengembangan nilai moral, etika baik, dan sikap toleransi di antara warga sekolah yang berlandaskan pada agama. 


Gerbang Berkah (Gerakan Membangun Kebersamaan yang Agamis di Sekolah) adalah gerakan dalam membangun kebersamaan, kekompakan antar siswa, guru, tenaga kependidikan di sekolah, termasuk dengan masyarakat setempat guna menyatukan perbedaan menjadi landasan untuk saling menghargai dan menghormati satu sama lain,  dan rasa toleransi yang disinergikan dengan kegiatan keagamaan. 


Kegiatan Gerakan Membangun Kebersamaan yang Agamis di Sekolah meliputi:

1. Mengaji bersama

2. Sholat Dhuha

3. Tausiah atau kuliah 7 (tujuh) menit (kultum) 

4. Sholat Jum'at berjamaah di Masjid

5. Makan bersama (berbagi bekal makanan) 


Adapun untuk siswa, guru dan tenaga kependidikan lainnya yang non muslim dapat bergabung pada kegiatan makan bersama. Sedangkan saat pelaksanaan kegiatan keagamaannya dapat menyesuaikan sesuai dengan agama dan kepercayaan masing-masing.

Posting Komentar untuk "Setelah Pimda Nyawah, Kini Ada Gerbang Berka"