Loading...

Luar Biasa! Disdikbud Raih 8 Penghargaan Sekaligus, Kusmana: Ini Hasil Teamwork

 

KUNINGAN (OKE)- Tidak salah Bupati Kuningan H Acep Purnama menempatkan U Kusmana MSi menjadi Kadisdikbud Kuningan. Pasalnya, di tangan pria asli Desa Cijemit Kecamatan Ciniru berbagai terobosan dilakukan, sehingga tidak heran pretasi meski baru seumur jagong berbagai prestasi diraih.

Sebagai bukti pada baru-baru ini mendapatkan penghargaan dan hebatnya lagi bukan satu, tapi 8 sekaligus. Hal ini tentu menggembirakan dan bukti Kusmana selalu memberikan warna baru dan selalu berprestasi.

Prestasi itu diraih dari Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Adapun rinciannya adalah 5 dari  Balai Besar Penjaminan Mutu Pendidikan (BBPMP), Provinsi Jawa Barat yang pelaksanaannya di Yogyakarta dan 3 dari Balai Besar Guru Penggerak (BBGP) Provinsi Jabar di Bekasi.

Kadisdikbud sendiri dari Selasa-Jumat (22-24/11/2023) bersama dengan Sekdis Rusmiadi MSi, menghadiri undangan dan menerima penghargaan dari BBPMP Provinsi Jabar di Hotel Mulia Purosani Yogyakarta.

Dalam kegiatan Rakor Evalusai dan Apresiasi Capiaan Program Prioritas Kemendikbudristek bersama Pemda engan tema "Jabar Beraksi Wujudkan Sekolag Transforatif dalam Implementasi Kebijakan Merdeka Belajar.

Dari 27 Disdukbud Kota/kabupaten, 1 Dinas Pendidikan Provinsi dan 13 Cabang Inas Pendidikan dan pada tahun 2023 Kabupaten Kuningan masuk didalamnya. Total 5 penghargana disabet oleh Kuningan.

Lima penghargaan berupa piagam dan tropi itu rincianya adalah Prakarsa penyelenggaraan dan pencapiaan terbaik yakni Program Pimda Nyawa (Pimpinan Daerah Menyapa Siswa di Sekolah).

Kemudian, Peningkatan Literasi dan Numerasi dalam Rapor Pendidikan. Penghargaan ketiga Penerbitan Regulasi Dukungan Kebijakan Merdeka Belajar. Lalu, ke empat PAUD Terbanyak dala mengisi Survey Lingkungan Belajar dan kelima Peningkatan Iklim Inklusivitas di Satuan Pendidikan.




Terpisah, ditempat berbeda Nauza Hotel dan Covention Cikarang Bekasi pada Selasa hingg Rabu (22-23/11/2023) Kabid GTK H Pipun Mansur Aripin Spd MPd mewakili Kadisdikbud disertai Guru bernama Hj Imas Sumiarsih SPD MM (Sdn I Ciputat Ciawigebang) dan Jeje Sudarja MPD (SMPN 1 Selajambe) menerima pengerhargaan dari BBGOP Provinsi Jabar.

Selanjutnya Disdikbud Kuningan mendaptkan 3 penghargaan berupa Pigam serta tropi yakni Kabupaten/Kota dengan Presntase dalam pemberdayaan guru penggerak menjadi kepala sekolah. Lalu., 2 Juara 1 Berbagi Praktek baik ajang tampil kreatif sekolah penggerak untuk transformasi (Antraksi) kelas.

Untuk penghargana ketiga adalah Praktik baik teruniku berbagi bukti aksi nyata dan karya implementasi kurikulum merdeka (berbudaya) di kelas E (SMP, SMA dan SMK).

Atas keberhasilan ini Kadis U Kusmana mengaprsiasi kepada seluruh forum komunikasi pimpinan daerah yang sudah terlibat pada inovasi Disdikbud Kabupaten Kuningan. Program Pimpinan Daerah Menyapa Siswa atau Pimda Nyawah sangat diapresiasi oleh BBPMP.

"Seluruh penghargaan yang didapat merupakan bukti usaha iktiar Disdikbud  bagaimana mengimplementasikan kurikulum Merdeka Belajaar dan bagaiman penguatan profil pelajar pancasila," jelasnya.

Diterrangkan, di Pimda Nyawah diberikan ruang dan waktu para pimpinan daerah mengenali serta menyapa langsung siswa, tenaga pendidik, dan tenaga kependidikan sekiolah. Hal ini agar ada komunikasi dua arah bagaimana saling menguatkan diantara pimpinan daerah dan siswa  serta tenaga pendidikan dan kependidkan.

"Apalahgi sekarang musim perundungan atau bulying.Para tenaga pendidik berikut siswa juga diharapkan mengetahui bagaiman tugas fungsi pimpinan daerah tersebut," jelasnya. 

Mengenai keberhasilan, Kusmana merasa bangga, menunjukan Dinas Pendidikan dan kebudayaan Kabupaten Kuningan selalu terus bergerak meningkatkan mutu pendidikan. tentu ini tidak lepas dari hasil luar biasa teamwork  dan kolaborasi , mulai dari pejabat Disdikbud, pegawai, tenaga pendidik, dan kependidikan yang terus bergerak.

Sementara komponem lainnya seperti KKS, K3S, IGTI, Korwil, Korwas, IPI, PGRI, Dewan Pendidikan yang selalu bergerak di lapangan. Lalu, apresiasi kepada seluruh  komponen steakholder lainnya yang senantiasa selalu memberikan perhatian kepada dunia pendidikan, seperti akademisi, para pelaku usaha, dinas-dinas terkait, media online atau media cetak. 

Tidak lupa pula lembaga lainnya, paguyuban, komite masyarakat, termasuk juga lembaga keuangan atas suport kepada dunia pendidikan. Dan satu hal lagi, ucapan banyak terima kasih kepada Bapak Bupati, Wakil Bupati dan Sekda yang senantiasa selalu memberikan perhatian kepada dunia pendidikan, khususnya kepada Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan. 

Selaku Kepala Dinas Pendidikan lanjut Kusmana, cukup apresiasi penghargaan yang telah diraih oleh Disdikbud Kabupaten Kuningan. Disdikbud masih terus bergerak, banyak pekerjaan rumah, banyak beban yang harus dipikul pula, terutama bagaimana mewujudkan Kabupaten Pendidikan yang sudah dilauncing pada tahun 2016.


"Insyaallah sebentar lagi Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kabupaten Kuningan, minggu depan akan ada Pengukuhan Tim Akselerasi Kabupaten Pendidikan, dimana hampir seluruh komponen steakholder terlibat semua," sebut mantan Kadiskopdagperin.

 Ia berharap  tim tersebut bisa bekerja secara maksimal, sehingga nanti melakukan program-program yang sudah jelas waktunya, tahun pertama, kedua, ketiga, keempat dan selanjutnya, sehingga nanti Kuningan ini mewujudkan Kuningan Kabupaten Pendidikan.(rdk). 

Posting Komentar untuk "Luar Biasa! Disdikbud Raih 8 Penghargaan Sekaligus, Kusmana: Ini Hasil Teamwork"