Loading...

Gunung Ciremai Kembali Berkobar

 

KUNINGAN (OKE)- Kebakaran di kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai kembali terjadi pada Jumat (3/11/2023) siang sekitar pukul 13.31 WIB. Kali lokasi titik apai berada di Blok Munjul Masigit dan Pamuludan Desa Setianegara Kecamatan Cilimus.

Menurut Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, insiden kebakaran diketahui ketika warga melihat kepulan nyala api. Setelah diketahui titiknya maka petugas gabungan melakukan pemadaman.

"Api bisa pada pada pukul 18.30 WIB mulai padam dan petugas melakukan penyisiran.  Adapun petugas yang terlibat adalah 60 urang, Sedangkan untuk langkah lanjutan akan dikoordinasikan dengan pihak BTNGC dan pihak terkait," ujar pria yang dipanggil IB itu.

Petugas gabungan yang terjun memadamkan api adalah TNGC,TNI, Polri, BPBD, MPA, Relawan. Untuk kondisi cuaca sendiri cerah berawan.  Terkait lahan yang terbakar adalah vegetasi alang-lang dan untuk luas lahan masih dalam proses perhitungan.

Sekadar mengingatkan, sebelumnya pada   pada Sabtu (21/10/2023)  terjadi kebakarandi Blok Batu Seheng, Sutet, Gunung Rangkong dan Pajaten Desa Kaduela Kecamatan Pasawahan. Api berhasil  dipadamkan  Minggu (22/10/2023) malam sekitar pukul 20.00 WIB.

Jauh sebelumnya  kebakaran di TNGC terjadi pada Jumat (25/8/2023) dan api baru padam pasa Hari Jadi Kuningan atau Jumat (1/9/2023). 

Pada saat itu  jumlah lahan akibat dampak kebakaran total ada 165,2 Ha dengan rincian tanggal 25-28 seluas 155 Ha, tanggal 29 ada 4,5 Ha, tanggal 30 atau Rabu ada 4,7 Ha dan Kamis seluas 1 Ha. 

Sementara lokasi yang terbakar berada di 12 blok yang berada di Desa/Kecamatan  Pasawahan yakni  Blok Talaga Bogo, Batu Luhur, Blok Batu Kuda, Blok Batu Kuda. Lalu, Blok Batu Beuhuengan.

Kemudian, Blok Tegal Bodas,Blok Jalan Maling,Blok Panjak Rama, Blok Karang Dinding dan  Blok Jalan Bukit Seribu Bintang,Blok Batu Sepur Batu Luhur, Blok Cirendang, dan Blok Pajaten.(rdk)





Posting Komentar untuk "Gunung Ciremai Kembali Berkobar"