Loading...

Stand Tak Diasuransikan, Panitia Pameran Minta Bantuan Damkar, Khadafi : Pintu Masuk Susah Dilewati Mobil

 

KUNINGAN (OKE)- Meski even besar, tapi stand-stand yang disewakan oleh panitia penyelanggara Pameran Pembangunan Kuningan(PDAU) tidak ditanggung asuransi sehingga kalau terjadi apa-apa tidak akan mendapatkan ganti rugi.

Sebagai antisipasi kebakaran pihak PDAU meminta bantuan pengamanan selama pameran kepada UPT Damkar Kuningan. Pada hari pertama Jumat, untuk pengamana dimulai pukul 13.00-2230 WIB atau selama 10,5 jam.

Menurut Kepala UPT Damkar Kuningan khadafi Mufti, giat   pengamanan pameran pembangunan 2022 ( pencegahan dan penyelamatan bahaya kebakaran di tempat keramaian)  atas permintaan panitia.

"Pengamanan akan dilakukan hingga 10 September. Kami terjunkan 10 anggota dengan pembagian dua shift yang masing-masing 5 anggota," jelasnya.

Diterangkan, setelah dilakukan Mitigasi dan pengecekan lokasi, bahwa aliran listrik yang digunakan untuk area luar sebelah barat, belum stabil dan masih mengalami putus nyala listrik. 

Hal ini akan beresiko menimbulkan konsleting listrik, pengecualian dilakukan lost watt atas dasar rekomendasi dari pihak PLN. 

Selain itu, terdapat beberapa sambungan kabel yang digunakan untuk menyambungkan sistem kelistrikan antar stand, dan terinjak oleh pengunjung, dikhawatirkan ada arus pendek listrik yang bisa menyebabkan terjadi orang tersengat aliran listrik. 

"Antisipasi, pihak Damkar sudah menyampaikan hal ini kepada pengguna stand  tersebut," jelasnya.

Luas jarak antara stand dari  pintu masuk menuju area sebelah timur lokasi pameran, susah untuk dimasuki kendaraan Pemadam Kebakaran, ababila terjadi kebakaran. 

Adapun antisipasi  Pihak Damkar menyebar anggota dengan membawa 2 -3 buah Apar  (Alat Pemadam Api Ringan) untuk pencegahan awal potensi dan deteksi bahaya kebakaran. 

Kemudian, anggota Damkar memberikan edukasi tentang pencegahan dan penanggulangan kebakaran kepada pengunjung, dan juga peserta pameran, terutama pedagang yang menggunakan gas elpiji/kompor gas dll. 

Seperti diketahui pada saat jumpa pres kegiatan pameran pada Selasa (30/8/2022) Direktur PDAU Hj Heni Susilawati menerangkan, tidak ada asuransi untuk stand-stadn yang disewakan. Ia yakin adanya Damkar bisa meminimalisir resiko.(dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "Stand Tak Diasuransikan, Panitia Pameran Minta Bantuan Damkar, Khadafi : Pintu Masuk Susah Dilewati Mobil"