Loading...

Tour de Linggarjati Segera Digelar, Usung Tema Menjelajah di Arcapada

KUNINGAN (OKE)- Dua tahun vakum karena pandemi, gelaran balap sepeda bertajuk Tour de Linggarjati kembali digelar dan rencananya salah satu ajang balapan sepeda terbesar di Indonesia itu dihelat bulan November tepatnya tanggal 4-6 November 2022.

Pada Senin (26/9/2022) digelar pembahasaan dengan seluruh panitia dan Pemkab Kuningan sebagai panitia melakukan pertemuan untuk membahas agenda kegiatan, jarak tempuh hingga agenda lainnya.

Menurut Ketua Panitia TdL ke-6 Trisman Supriatna, persiapan jelang even tersebut terus dikebut. Tahun ini tema yang diambil adalah "Menjelajah di Arcapada". Adapun arti dari tema itu adalah menjelajah di bumi Kuningan.

"Kita berharap dukungan doa dari masyarakat Kuningan agar pelaksanaan TdL berjalan lancar dan sukses, sebutnya pria yang juga  pejabat eselon II. 

Diterangkan, pada hari pertama Kamis digelar registrasi technical meeting dan welcome party. Lalu, hari Jumat pelaksanaan gran fondo dengan jarak tempuh sekitat 143,3 Km, ada juga city tour ke beberapa ODTW yang ada di Kuningan dengan titik kumpul depan pendopo ditambah pembukaan festival.

Mengenai rute kata Trisman, untuk gran fondo adalah Jalan SIliwangi-Tugu Kuda Bendungan-Tanjakan Kiara Domba-Tugu Kuningan Sajati-Gedung Perundingan Linggarjati-Pondok Cai Piniis Palutungan-Desa Sakerta Timur Darma-Jagara, Kawasan Waduk Darma-Finis Pertokoaan Siliwangi.

Sementara itu, untuk hari Sabtu digelar Individual Road Race dengan Star Jalan Siliwangi dibagi 3 kategori putra dan putri IRR Men Yout and Women (junior, youth dan elite) jarak tempuh 29,4 Km.

Kemudian, IRR Men Junior dan Master A Jarak tempuh sekitar 57,4 Km. Adapun jarak tempuh Men Elit  131,2 Km. TdL juga dimeriahkan oleh adanya lomba BMX freestle Park. 

Untuk elas Criterium kata Trisman, menempuh jarak sekitar 29 Km dengan beberapa kali lap/putaran sesuai kategori dan fun bike akan menempuh jarak sekiar 103 Km. Sedangkan Jalan Siliwangi dengan finish di Pos Pilisi Taman Kota dilakukan Minggu pagi.

"Kami berharap, semua paniti bekerja keras dan jagan lupa bergerak secara dinamis dan lincah untuk melakukan koordinasi sesuai tugas fungsi yang sudah dibuat surat keputusannnya. Dalam sepekan ke depan sudah ada progres," jelasnya.

Terpisah, Sekda Kuningan Dr Dian Rachamat Yanuar MSi, mengaakan, berbagai upaya tengah dilakkan oleh pihak panitia dan ini saat  ini sedang menghubungkan dengan para sponsor. Sedangkan anggaran yang disediakan dari APBD akan disasati dengan menggandeng sponsor.

"Insya Allah saat ini kita menjalin kerjasama dengan berbagais sponsor di Jakarta, media radio, Disway Pak Dahlan Islan, sekaligus menggandeng Azrul Ananda selaaku founder mainsepeda.com untuk ikut terlibat dalam even internaisonal ini, tentu berharap memberi warna sehingga TdL ke 6 akan lebih meriah," jelasnya.

Ditambahkan, untuk kelas tentu akan melibatkan para penghobi sepede yang memi.iki kekuaan finansial, merupakan cara lain untuk melakukan promosi sehingga mereka akan tertatik untuk berinvestasi di Kuningan.

"Sehingga TdL itu bukan hanya sport tourismen saja  namun sebagai media promosi investasi, karena yang datang penghobi sepeda yang memiliki jaringan cukup mapan," jelasnya.(dhn/rdk)


Posting Komentar untuk "Tour de Linggarjati Segera Digelar, Usung Tema Menjelajah di Arcapada"