Loading...

Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai Terbakar, Sempat Padam Pukul 5 Sore, Kepulan Asap dan Bara Api Masih Menyala

KUNINGAN (OKE)- Kebakaran lahan di Kabupaten Kuningan bukan hanya terjadi di lahan milik warga dan perhutani, tapi sudah menyebar ke kawasan  Taman Nasional Gunung Ciremai. Insiden ini terjadi pada Rabu (9/8/2023)  pukul 13.30 WIB.

Dari keterangan pihak BPBD Kuningan, lokasi kebakaran terletak di Blok Pejaten Dusun Cirendang Desa Padabeunghar Kecamatan Pasawahan. Kawasan hutan TNGC yang terbakar didominasi vegetasi alang-alang dengan perkiraan 4,5 Ha.

Menurut Kalak BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, pada pukul 13.30 WIB kepulan asap terlihat oleh masyarakat di kawasan Blok Pejaten dan  warga sekitar melakukan pemadaman serta melaporkan kepada pihak terkait.

"TNGC, TNI, Polri, BPBD, Satpol PP dan relawan melakukan pemadaman dan pendinginan/mop up. Akhirnya api bisa dipadamkan pada pukul 17.00 WIB, tapi kepulan asap dan bara api yang berasal dari bara yang berlokasi di areal yang sudah terbakar dan tersekat masih nyala," tandas Indra.

Dikatakan,  Mop Up/Pendinginan dan Pemantauan lanjutan akan dilaksanakan oleh TNGC. Saat update pukul 19.00 WIB cuaca cerah.(rdk) 

Posting Komentar untuk "Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai Terbakar, Sempat Padam Pukul 5 Sore, Kepulan Asap dan Bara Api Masih Menyala "