Loading...

Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremi Terbakar, Total Ada 8 Blok, Tengah Malam Petugas Masih Berjungan Padamkan Api

KUNINGAN (OKE)- Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremai kembali terbakar pada Jumat (25/8/2023) pagi. Hingga tengah malam petugas gabungan masih berjibaku memadamkan kobaran api.

Menurut Kepala Pelaksana BPBD Kuningan Indra Bayu Permana, lokasi kebakaran berada di 8 blok dan kejadian kebakaran mulai pukul 10.30 WIB. Diperkirakan luas lahan yang terbakar adalah 56,9 Ha.

"Awalnya, pada pukul 10.30 WIB kepulan asap terlihat oleh masyarkat di kawasan Blok Batu Kuda dan api menyebar mengarah ke buki Seribu Bintang dan ke arah blok Karang Dinding. Masyarakat sekitar lokasi melakukan upaya pemadama dan melaporkan kejadian kepada pihak terkait," ujar Indra Bayu, Minggu dini hari.

Pria yan kerap dipanggil IB itu mengaku, dara data terbaru ke delapan lokasi yang terbakar adalah Blok Talaga Bogo, Batu Luhur, Blok Batu Kuda, Blok Batu Kuda. Lalu, Blok Batu Beuhuengan, Blok Tegal Bodas,Blok Jalan Maling,Blok Panjak Rama, Blok Karang Dinding dan  Blok Jalan Bukit Seribu Bintang

Diterangkan, hingga pukul 23.30 WIB Tim Gabungan masih melakukan upaya pemadaman di beberapa titik lokasi dan pembuatan sekat bakar untuk mencegah api meluas.  Pemadaman sendiri terkendala karena berada wilayah yang sulit dijangkau dan medan yang berbatu/berbahaya.

"Rencana Sabtu pembuatan sekat bakar dan pemadaman api melalui darat. Untuk petugas yang diterjunkan total ada 120 orang yang terdiri dari BPBD,  BTNGC, TNI, Polrid, UPT Damkar, Pol PP, Aparat Desa, Aparat Kecamatan, Pengelola ODTWA, Pengelola KRK, MPA, Relawan, Masyarakat, Forum Ciremai," jelasnya.

Menurut IB  Tim Gabungan disebar ke beberapa titik untuk melakukan upaya pemadaman menggunakan peralatan seperti Jet shoter, selang/pipa air, dan peralatan lainnya yang ada, serta membuat sekat bakar dari arah Bukit Seribu Bintang ke arah Karang Dinding untuk mencegah api menyebar ke arah Gunung Dulang.(rdk/foto BPBD Kuningan)

 

Posting Komentar untuk "Kawasan Taman Nasional Gunung Ciremi Terbakar, Total Ada 8 Blok, Tengah Malam Petugas Masih Berjungan Padamkan Api"