Loading...

Warga Antusias Saksikan Taptu

KUNINGAN (OKE)- Salah satu bentuk mengenang perjuangan para pahlawan dalam kemerdekaan Republik Indonesia adalah dengan mengenang jasa perjuangan para Pahlawan, maka sesuai dengan tradisi pada malam sebelum 17 Agustus digelar Taptu. Bertempat di depan Kantor Bupati Kuningan, Selasa (16/08/2023).

Upacara Taptu merupakan tradisi kemiliteran yang sudah dilakukan sejak dahulu ketika akan menjelang hari kemerdekaan. Kegiatan ini untuk mengingatkan pasukan agar dapat meningkatkan kewaspadaan di tengah tugas dan panggilan negara.

Taptu merupakan kepanjangan dari “penetapan waktu” dalam hal ini penetapan waktu kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 agustus 1945. Adapun dalam kamus besar bahasa Indonesia, salah satu pengertian Taptu yaitu berbaris dengan menggunakan irama musik pada malam hari sambil membawa obor. Maka, Taptu sendiri identik dengan pawai obor yang dibawa oleh peserta.

Kegiatan Taptu ini dilaksanakan untuk membangkitkan kembali semangat perjuangan masyarakat, semangat Bhineka Tunggal Ika, dan mengenang serta menghormati pengorbanan para pahlawan yang telah berjuang sehingga kita bisa merdeka dari penjajahan.

Kegiatan diawali dengan upacara pelepasan para peserta pawai yang dipimpin oleh Dandim 0615 Kuningan, Letkol. Inf. Bambang Kurniawan, SE., MA, disaksikan oleh Bupati Kuningan H. Acep Purnama, SH., MH, Wakil Bupati Kuningan H. M Ridho Suganda, SH., M. Si.

Kemudian, Ketua DPRD Kabupaten Kuningan, Nuzul Rachdy, SE, Kapolres Kuningan AKBP Willy Andrian, S.H., S.I.K., Kajari Kuningan Dudi Mulyakusumah SH M.M., Ketua PN Kuningan, Lusiana Amping, SH., MH, Sekretris Daerah Kabupaten Kuningan Dr. H. Dian Rachmat Yanuar, M. Si. Para Kepala SKPD se-Kabupaten Kuningan dan undangan lainnya.

Peserta pawai obor terdiri dari anggota TNI/Polri, Perwakilan SKPD, Satpol PP, BPBD dan para pelajar yang masing-masing membawa obor. Mereka berjalan sesuai rombongannya masing-masing, dengan wajah nampak penuh semangat.

Selain Upacara Taptu dan Pawai Obor, rangkaian HUT ke-78 tingkat Kabupaten Kuningan di malam yang sama, dilanjutkan Renungan Suci di Taman Makam Pahlawan pada pukul 00.00 WIB tepat yang bersamaan dengan mulainya hari 17 Agustus 2023. Kegiatan ini dilakukan guna mengenang kembali jasa-jasa para pahlawan yang telah gugur dalam merebut kemerdekaan dari tangan penjajah. 

Posting Komentar untuk "Warga Antusias Saksikan Taptu "