Loading...

Kadiskominfo Jadi Narasumber di Pelatihan Literasi Digital di SMKN 2

KUNINGAN (OKE),- Jejak digital adalah segala informasi yang ditinggalkan setelah beraktivitas di internet. Bentuknya dapat berupa cookie, postingan di sosial media, riwayat belanja online, hasil testimoni online yang kamu berikan, dan masih banyak lainnya.

Hal ini disampaikan oleh, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kabupaten Kuningan Dr. Wahyu Hidayah, M. Si. pada saat memberikan materi di Pelatihan Literasi Digital yang bertempat di SMKN 2 Kuningan, Jumat (2/9/2022).

Pada kesempatan ini, Kadis Wahyu menyampaikan, derasnya arus penggunaan internet, menjadi tantangan besar menghadapi perkembangan zaman dalam hal menjaga sisi keamanan dalam mengakses informasi yang ada.

“Di sinilah pentingnya keselamatan digital atau digital safety dalam berselancar mengakses informasi dan komunikasi di internet. Karena ada kalanya, tidak tahu siapa yang ditemui saat berinternet,” ujarnya.

Lanjutnya, Kadis menegaskan, Jejak digital adalah segala informasi yang ditinggalkan setelah beraktivitas di internet. Bentuknya dapat berupa cookie, postingan di sosial media, riwayat belanja online, hasil testimoni online yang kamu berikan, dan masih banyak lainnya.

“Tak hanya itu jejak digital juga dapat dihasilkan dari aplikasi yang diunduh yang tanpa sadari aplikasi tersebut dapat mengakses informasi data yang ada di perangkat,” ungkapnya.

Dijelaskan Kadis Kominfo, pelatihan literasi digital menjadi langkah dalam memberikan pengertian terhadap adik-adik SMKN 2 Kuningan sebagai generasi muda untuk berpedoman baik dalam media sosial dan teknologi digital.

Sehingga diharapkan, peningkatan literasi digital yang menjadi pekerjaan sangat besar ini tidak bisa bekerja sendiri tetapi diperlukan kolaborasi yang baik agar tidak ada  yang tertinggal dalam proses percepatan transformasi digital ini.

“Semoga melalui kegiatan ini dapat mendorong literasi digital yang berkualitas,” harapannya.

Ia juga menjabarkan bahwa inovasi dan kreativitas dalam digitalisasi ini merupakan kunci utama dunia usaha dalam menghadapi revolusi industri 4.0.

Karena itulah, dirinya berharap melalui kegiatan ini turut bisa mendorong adik-adik SMK 2 Kuningan untuk terus berinovasi dan berkreativitas.


“Sehingga bisa terlahir entrepreneur yang unggul di kabupaten Kuningan, yang mampu bersaing,” ungkapnya.

Posting Komentar untuk "Kadiskominfo Jadi Narasumber di Pelatihan Literasi Digital di SMKN 2"