Loading...

Karnaval Budaya Berlangsung 8,5 Jam, Puaskan Ribuan Warga yang Dahaga Hiburan

 

KUNINGAN (OKE)- Selama 8,5 jam (08.00-16.30 WIB) pertunjukan Karnaval Budaya membuat ribuan warga yang hadir terpuaskan. Mereka sangat dahaga hiburan setelah 2 tahun absen karena pandemi.

Warga yang datang sendiri dari berbagai pelosok Kuningan dan juga daerah tetangga. Sedangkan para perantau terpuaskan dengan adanya siaran live streaming dari berbagai platfrom media sosial yang dilakukan oleh media online atau selegram.

Seperti biasa jalur yang dilewati oleh peserta adalah Pendopo-Taman Kota. 80 Peserta pawai dari berbagi eleman silih berganti menampilkan atraksi menarik. Pendek kata semua bahagia dengan adanya karnaval.

Karnval dibuka langsung oleh Bupati Kuningan H Acep Purnama yang sengaja jalan kaki dari Pendopo ke  Taman Kota untuk menju panggung budaya. 

Bupati dengan gagahnya didampingi istri dan anak menyapa warga disepanjang jalan.

Wabup Edo dan Sekda pun tidak kalah gagahnya dengan stelan pakaian adat. Mereka diikuti oleh para pejabat yang mayoritas menggunakan pakaian Sunda. 

Tahun ini tema yang diambil adalah "Merawat Budaya Menuju Kuningan Maju".  Menurut, bupati bahwa karnaval menampilkan keanekaragaman seni dan budaya tanah air.

Sebab lanjut dia, seni dan budaya merupakan salah satu instrumen mengharmonisakan seluruh sendi-sendi kehidupan dalam masyarakat, berbangsa dan bernegara.

"Bagi bangsa kita, seni dan budaya merupakan salah satu pilar dalam membangun kepribadian bangsa yang berbhineka tunggal ika. Sekaligus memperkuat kearifan lokal sebagai filsafah nilai dalam hidup berbangsa dan bernegara," ujarnya, Minggu (4/9/2022).

Bupati menambahkan, karnaval yang menampilkan keanekargaman seni dan budaya tanah air diharapkan dapat menguatkan kebhinakeaan dan tanah air. 

Untuk itu, pihaknya menyampaikan terima kasih kepada semua pihak yang telah turut serta mensukseskan kegiatan ini yang merupakan rangkaian Hari Jadi Kuningan ke-524.

Sementara itu, tanggapan dari berbagai warga terkait karnaval sangat beragam. Namun, semua mengaku puas denga hiburan murah meriah ini.

"Jujur even ini yang saya palingg tungggu selain pameran pembangunan. Semoga Kuningan tambah sukses dan maju sehingga akan dirasakan manfaatkannya oleh warga," ujar Dwi yang datang sejak pukul 05.30 WIB karena takut tidak kebagian tempat.(djn/rdk)




Posting Komentar untuk "Karnaval Budaya Berlangsung 8,5 Jam, Puaskan Ribuan Warga yang Dahaga Hiburan "