Loading...

Di Acara Rembuk Pemuda Tani dan Sosialisasi KUR, Kadiskatan Sebut Kaum Muda di Kuningan Mulai Bangkit

KUNINGAN (OKE)- Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan Dr Wahyu Hidayah MSi mengatakan, kaum muda tani di Kabupaten Kuningan mulai bangkit. Hal ini terbukti dengan petani milenial binaan Diskatan yang terus berkembangan.

"Meski belum begitu pesat, tetapi hal itu tersebut telah menunjukan adanya regenerasi," ujar mantan Kadiskominfo yang hadir Rembug Tani Kabupaten bertempat di Aula Lapang Bola GOR Airlangga Desa Cikaso Kecamatan Kramatmulya, Sabtu (20/1/2024). 

Dikatakan, pemuda tani tidak hanya berperan sebagai petani yang memiliki pengetahuan, tetapi juga sebagai agen perubahan di komunitas agraris, terlebih dengan adanya perkembangan teknologi, melalui inovasi dan penerapan praktik petanian modern.

"Petani muda tentu harus memberikan kontribusi pada peningkatan produktifitas tanaman maupun sektor lain di bidang pertanian, ujarnya. 

Berbagai program pemerintah seperti  pelatihan dan pendampingan untuk pemuda tani telah diimplementasikan. Hal tersebut dilakukan untuk memperkuat kapasitas pemuda tani  dalam menghadapi tantangan pertanian masa kini. 

Lebih lanjut dikatakan, kolaborasi antara pemerintah, sektor swasta, dan organisasi non-pemerintah menjadi kunci utama dalam membentuk pemuda tani yang berdaya saing. Dengan sinergi yang kuat, diharapkan Indonesia dapat memperkuat posisinya sebagai lumbung pangan dunia.

“Melalui semangat gotong-royong dan kolaborasi lintas generasi, pemuda tani menjadi pilar penting dalam mewujudkan impian Indonesia sebagai lumbung pangan dunia. Keberlanjutan pertanian dan pangan bukan hanya tanggung jawab generasi sekarang, tapi juga merupakan warisan untuk generasi mendatang ” sebutnya.

Sementara itu, rembug  petani muda, selain membahas peran vital pemuda tani dalam mewujudkan swasembada pangan berkelanjutan. Acara tersebut juga menjadi platform untuk menyosialisasikan Kredit Usaha Rakyat (KUR) Agro. 

Ketua Kelompok Substansi Pemberdayaan Permodalan dan Asuransi Pertanian Kementan RI Siswoyo, SP., MP, menjelaskan Kementerian Pertanian (Kementan) terus mempermudah petani untuk memperoleh Kredit Usaha Rakyat (KUR), salah satunya adalah melalui Lembaga Keuangan Mikro Agribisnis (LKMA). 

Siswoyo menuturkan, LKMA menyediakan modal bagi petani, meningkatkan akses modal petani, meningkatkan produksi, produktivitas, nilai tambah dan daya saing produk usaha agribisnis  mendorong perkembangan usaha agribisnis dan mendorong perekonomian pedesaan.

Adapun  sasaran KUR sendiri yaitu UMKM petani, “mulai dari KUR untuk biaya budidaya dari on farm sampai off farm dari budidaya sampai pasca panen termasuk pembelian Alsintan. 

"Seperti kita ketahui bersama  ekosistem pertanian tidak bisa berjalan dengan baik, faktor pertama adalah  faktor permodalan, kemudian faktor mitigasi resiko kalau terjadi gagal panen," ujarya.

Petani dihadapkan pada berbagai permasalahan yang harus dicari solusinya.  Untuk itu  Pemerintah harus hadir ditengah-tengah masyarakat untuk membantu permasalah tersebut, salah satunya dengan program  KUR ini. 

KUR Agro tidak hanya memberikan akses keuangan yang lebih mudah, tetapi juga memberdayakan pemuda tani untuk meningkatkan produktivitas dan diversifikasi usaha pertanian. Ini adalah langkah strategis dalam mendukung pertumbuhan sektor pertanian” tutur Siswoyo. 

Dengan memfasilitasi akses ke sumber daya finansial, KUR Agro diharapkan dapat memberikan dorongan tambahan bagi pemuda tani untuk mengembangkan usaha pertaniannya. 

Perlu diketahui, hadir juga Forkopimcam Kramatmulya, Koordinator Nasional Gerakan Muda Petani Indonesia (Gempita) Ibrahim Asnawi, SH, Koordinator Wilayah Gempita Jawa Barat Ogie SOS.

Kemudian, Koordinator Daerah Gempita Kabupaten Kuningan Tata Taufik Rahman, Kabid Penyuluhan, Kepala UPTD Diskatan Jalaksana, Kepala UPTD Diskatan Ciawigebang, Kepala Desa Cikaso, para Penyuluh & Pemuda Tani Kabupaten Kuningan.(rdk)

Posting Komentar untuk " Di Acara Rembuk Pemuda Tani dan Sosialisasi KUR, Kadiskatan Sebut Kaum Muda di Kuningan Mulai Bangkit"