Loading...

Ada Pangan Murah dan Pasar Tani Petani Milenial di CFD, Warga Kuningan Terbantu

KUNINGAN (OKE)- Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian  Kabupaten Kuningan dibawah Dr Wahyu Hidayah selalu melakukan berbagai terobosan yang hasilnya berguna untuk warga.

Sebagai contoh pada Minggu ( 28/1/2024) ada even namanya  Gelar Pangan Murah (GMP) dan Pasar Tani Milenial. Kegiatan ini dalam upaya meningkatkan akses masyarakat terhadap pangan murah dan mendukung petani milenial.

"Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk mempromosikan dan mendukung produksi serta distribusi pangan lokal sekaligus pengendalian infalsi di Kabupaten Kuningan," ujar Kadis Wahyu usai acara.

Diterangkan, selain dengan petani milenial, GMP terlaksana hasil kerjasama dengan Perum Bulog Kantor Cabang Cirebon. Seperti diketahui Bulog merupakan pihak yang menyediakan pangan berkualitas dengan harga terjangkau.

Pasar Tani Petani Milenial sendiri merupakan platform yang memberdayakan petani generasi muda untuk memasarkan produk-produk peranian secara langsung kepada konsumen dan kegiatan ini pun rutin dilaksanakan setiap minggu di acara CFD.

Lebih lanjut dikatakan, wahtu dengan kerja sama ini, diharapkan dapat terjadi sinergi antara penyediaan pangan murah dari Perum Bulog Cirebon melalui GPM dengan keberlangsungan usaha para petani milenial. 

Melalui pertemuan langsung antara petani dan konsumen, diharapkan dapat tercipta ikatan yang lebih erat antara produsen dan konsumen, serta meningkatkan apresiasi masyarakat terhadap produk-produk lokal. 

Sementara itu untuk harga pangan di GPM ini dibawah harga pasar. Setiap GPM digelar,  respon masyarakat Kuningan sangat luar biasa. GMP sendiri rutin digelar.

"Beragam produk pangan lokal mulai dari sayuran, buah-buahan, hasil olahan pertanian, hingga produk-produk kreatif lainnya yang dihasilkan oleh para petani milenial. Kemudian untuk GPM kerja sama dengan Perum Bulog Cirebon, kita menyediakan beras SPHP, minyak goreng, terigu, daging ayam dan olahannya tersedia disini," bebernya.

Kegiatan dihadiri oleh Pj. Bupati Kuningan Dr. Drs. H. Raden Iip Hidajat, M.Pd beserta istri . Ia sangat mendukung dan mengapresiasi kegiatan kolaborasi yang digelar oleh Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Kuningan, Perum Bulog Cirebon dan Petani Milenial Kabupaten Kuningan.

“Kegiatan ini merupakan program dari pemerintah, sebagai bukti pemerintah hadir ditengah-tengah masyarakat," ujarnya.

Hal ini pun lanjut ya sebagai langkah nyata dalam pengendalian inflasi di Kabupaten Kuningan. Masyarakat harus tahu bahwa produk dari petani milenial itu berkualitas, karena dibudidayakan secara hidroponik dan bebas dari pestisida ehingga aman dan sehat  untuk dikonsumsi.

Iip berharap dengan adanya program kegiatan ini,  perekonomian di Kabupaten Kuningan bangkit. Ia pun mengajak untuk membangkitkan ekonomi desa untuk mewujudkan pertumbuhan ekonomi di Kabupaten Kuningan. 

"Saya juga mengajak kepada kaum muda untuk tertarik dengan bidang pertanian.  Kaum muda silahkan manfaatkan untuk  bergabung di petani milenial, menjadi generasi muda yang produktif, inovatif," ucapnya.

Tentu   untuk mewujudkan ketahanan pangan di Kabupaten Kuningan.  Terlebih  dengan  teknologi informasi saat ini, kita dapat memanfaatkan promosi hasil pertanian melalui  pemanfaatan media sosial. Simple saja, ketika sesuatu yang berkualitas itu pasti akan dikejar.(rdk)

Posting Komentar untuk "Ada Pangan Murah dan Pasar Tani Petani Milenial di CFD, Warga Kuningan Terbantu"