Loading...

PAD Dari Sektor Wisata Naik Hampir 4 Kali Lipat, Kadisporapar Bilang Begini

KUNINGAN (OKE)- Diluncurkannya tagline dan logo Kuningan Beu serta juga kalender even wisata selama 2024 memberikan harapan besar pada sektor wisata untuk memberikan sumbangsih kepada PAD Kabupaten Kuningan.

Menurut Pj Bupati Kuningan Iip Hidajat dilaunching logo dan tagline Kuningan Beu adalah utuk mengajak wisatawan untuk datang ke Kuningan. Adanya peluncuran ini akan memberikan dampak positif bagi  pemerintah dan warga.

"Adanya  launching ini bisa meningkatkan harkat martabat masyarakat Kuningan termasuk perekonomian Kuningan, untuk itu kita harus ramah,'" tandasnya.

Diterangkan, saat ini sektor pariwisata baru menyumbang PAD sebesar 8 persen dan tahun ini ditargetkan naik menjadi  30 persen. Dengan adanya program yang diluncurkan hari ini bagian dari peningkatan PAD dan semua pihak agar  mendoakan target ini tercapai.

Mengenai sarana wisata  untuk menunjang PAD yang harus naik ini, kata Iip belum memadai. Pihaknya nanti akan mengambil langkah apakah kolaborasi B to B atau G to G. Intinya pemerintah akan melihat mana yang memungkinkan.

Terpisah, Kadisporapar Kuningan Dr Elon Carlan MMPd yang didampingi oleh Sekdis Mamad mengaku, target itu bisa tercapai dengan cara harus berkolaborasi. Artinya tugas dirinya sebagai kadis bersama dengan teman-teman mendatangkan wisatawan sebanyak mungkin dan kembali lagi.

"Sedangkan Bappenda dan jajaran melakukan semua yang datang itu menjadi pajak dan retribusi kepariwisataan. Ini yang disebut kolaborasi karena punya tugas masing-masing," ujar Elon.

Pejabat yang banyak melakukan terobosan ini mengaku, baru bertugas tiga bulan di Disporpar tidak menampik kesadaran pengelola wisata masih rendah terutama dalam keterbukaan informasi mengenai data pengunjung. Hal  ini menunjukan membangun kesadaran itu berat.

Untuk itu pihaknya akan melakukan upaya dimana berbagai komponen akan dikerahkan baik dengan  duta wisata  untuk mengkampanyekan sadar dengan data, kesadaran sapta pesona dan lain sebagainya.

"Yang terpenting  penegakan kepatuhan pasti akan dilakukan dengan kewenangan masing-masing," ujar mantan Ketua Karang Taruna Kuningan itu.

Ditanya mengenai anggaran untuk dinas apakah pada tahun 2024 lebih besar dari tahun sebelumnya, karena dengan peningkatan PAD tentu harus didukung dengan anggaran yang besar pula. Menurut, Elon bagi dia yang terpenting adalah politik kebijakan.

"Sekal lagi yang paling penting adalah politik kebijakan. Anggaran  akan mengikuti. Poltik kebijakan bagi kami adalah spirit yang paling utama. Dengan duit pun kalau tidak ada politik kebijakan akan berat," pungkasnya.(rdk)

Posting Komentar untuk "PAD Dari Sektor Wisata Naik Hampir 4 Kali Lipat, Kadisporapar Bilang Begini"