Loading...

Bupati Kuningan Raih Penghargaan Pupuhu Pangaping Ajen Parasmaya Budaya


KUNINGAN (OKE)- Pada acara puncak Hari Pers Nasional  2023 Tingkat Puncak , Bupati Kuningan H Acep Purnama  mendapatkan penghargaan Pupuhu Pangaping Ajen Parasmaya Budaya atas prestasi Anugerah Budaya dari Presiden RI pada HPN Tingkat Nasional.  

Penghargaan itu diberikan di Kabupaten Karawang pada Sabtu (20/5/2023) malam. Mewakili bupati, penghargaan diterima oleh Kadiskominfo Kuningan Dr Wahyu Hidayah dari Ketua Umum PWI Atal Sembiring yang didampingi juga Ketua PWI Jabar Hilman Hidayat.

 Sekadar informasi, sebelumnya bupati termasuk 10 peraih Anugerah Kebudayaan Se-Indonesia, bahkan 27 kota/kabupaten di Jabar hanya bupati yang meraiahnya.  

 Ketua Persatuan Wartawan Indonesia (PWI), Atal S Depari menyebut peran jurnalis, selain memberikan kritik, juga bisa memberikan sosialisasi kebudayaan dan memberikan kontribusi pemikiran pembangunan daerah maupun pusat. Insan pers juga turut terlibat dalam membangun budaya yang bernilai positif bagi pembangunan.

“Karena itu, penting kiranya bagi wartawan untuk mengerti dan turut mengkampanyekan budaya asli Indonesia, agar tetap terjaga,” sebut Ketua PWI Pusat dalam Peringatan HPN yang dimeriahkan dengan Gelaran Seni Budaya Napak Jagat Tarumanagara dan Bazar UMKM. Bahkan dihadiri juga sejumlah delegasi negara.

Usai menerima anugerah Bupati Kuningan melalui Dr. Wahyu Hidayah , M.Si  menuturkan, budaya merupakan tradisi yang turun menurun, mau tidak mau itu harus dipertahankan, harus dihormati, dan dijaga. 

"Jika sudah mempertahankan kebudayaan (kearifan lokal) maka akan timbulah rasa kemandirian, rasa hormat kepada orang tua, rasa sayang kepada lingkungan sekitar, termasuk merawat, menjaga dan melestarikan daerah (desa) nya sendiri," ujarnya.

Diterangkan,potensi dan kekayaan alam yang dimiliki Kuningan itulah perlu dilestarikan, berawal dari kecintaan dan membangun desa maka akan lahir sebuah komitmen untuk cinta kepada daerahnya sendiri. 

"Saat itu di AK- PWI Pusat, Bupati Kuningan ekspose budaya dengan pembahasan  Ngarumat Budaya Kuningan, Ngariksa Alam, Mapag Swasembada Pangan,” tambahnya.

Turut mendampingi Kepala Diskominfo, Kabid Informasi dan Komunikasi Publik (IKP) Anwar Nasihin, S.Kom, M.Si. Hadir juga Ketua PWI  Kuningan Nunung Nurhasanah, Wawan Jr, Lukmanto dan RTIK Andini beserta lainnya.

Sementara itu Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil melalui virtual menyampaikan, puncak peringatan Hari Pers Nasional tingkat Jawa barat sebagai ajang pers terbuka untuk masyarakat. Semoga akan memberikan berkontribusi besar bagi kemajuan Jawa Barat dan kemajuan nasionalnya, setiap langkah dan upaya kita bermanfaat untuk Masyarakat, Bangsa, Negara Indonesia. 

Posting Komentar untuk "Bupati Kuningan Raih Penghargaan Pupuhu Pangaping Ajen Parasmaya Budaya"