Loading...

Gelombang Pertama, Ada 1.170 Calon Mahsiswa yang Daftar ke Uniku

 

KUNINGAN (OKE)- Bertepatan dengan Hari Kebangkitan Nasional (Harkitnas) yang jatuh pada hari ini, Sabtu (20/5/2023), Universitas Kuningan (Uniku) menyelenggarakan tes seleksi masuk gelombang pertama. Ada dua (2) jalur tes seleksi yang dilaksanakan pada hari ini yaitu jalur reguler gelombang pertama dan jalur khusus (prestasi akademik dan non akademik).

Untuk tes seleksi jalur reguler gelombang pertama dipusatkan di Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB). Sedangkan, untuk seleksi jalur khusus yaitu prestasi akademik dan non akademik dipusatkan di Gedung Student Center Iman Hidayat Kampus I Uniku.


“Alhamdulillah, bertepatan dengan momentum Hari Kebangkitan Nasional Uniku menggelar tes seleksi saringan masuk untuk jalur reguler gelombang pertama dan jalur khusus (prestasi akademik dan non akademik). Jalur reguler gelombang pertama, calon mahasiswa baru (camaba) harus mengikuti tes potensi akademik dan tes kemampuan dasar. Sedangkan, yang seleksi masuk jalur khusus meliputi prestasi akademik maupun non akademik, para camaba hanya dengan wawancara dengan membawa bukti sertifikat penghargaan prestasi yang pernah diraih,” kata Ketua PMB yang juga menjabat sebagai Wakil Rektor III Uniku Dr. Novi Satria Praja, M.Pd.


Untuk pendaftar di gelombang pertama tahun 2023, masih kata Novi, berjumlah 1.170 dengan rincian jalur reguler sebanyak 435, jalur prestasi akademik 277 dan jalur prestasi non akademik sebanyak 18 orang.


“Sedangkan, untuk jalur kip berjumlah 430 orang dan jalur hafidz qur’an sebanyak 10 orang. Jadi, total camaba yang mendaftar ke Uniku di gelombang pertama sebanyak 1.170 orang,” kata mantan Wakil Rektor IV Uniku.


Lebih jauh, sambung Novi, Program Studi (Prodi) yang masih menjadi primadona pendaftar adalah pertama Manajemen dengan jumlah pendaftar 341 orang. Kemudian, disusul oleh Prodi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) sebanyak 166 orang pendaftar.


“Selanjutnya, ada Prodi Teknik Informatika (TI) sebanyak 134 orang pendaftar, disusul oleh Prodi Akuntansi sebanyak 128 orang pendaftar dan Prodi Sistem Informasi (SI) sebanyak 98 orang,” sambungnya.


Menurutnya, tes seleksi untuk tahap satu jalur kip sudah dilaksanakan pada tanggal 11 Mei 2023 yang lalu bertempat di Sekolah Pascasarjana Uniku. Kemudian, untuk jalur reguler dan jalur prestasi akademik maupun non akademik dilaksanakan pada hari ini.


“Sedangkan, untuk jalur khusus hafidz qur’an tes seleksi akan dilaksanakan pada hari Selasa (23/5/2023) besok sekalgus dengan hasil tes seleksi jalur reguler gelombang 1 yang dilaksanakan pada hari ini,” ucapnya.


Sementara itu, untuk pendaftar yang ingin masuk ke kampus pertama di Kabupaten Kuningan itu berasal dari Jabodetabek, Ciayumajakuning, Brebes, Tegal, Bandung, Banjar, Cianjur, Garut dan Karawang.


“Kemudian, ada camaba pendaftar berasal dari Luwu Utara, Magelang, Pemalang, Sumedang, Sawah Lunto, Subang dan Sukoharjo,” ucapnya lagi.


Dijelaskannya, bagi peserta yang belum mengikuti tes pada hari ini, bisa mengikuti tes susulan pada hari Senin (22/5) pada pukul 08.00 – 12.00 WIB di Kampus 1 Uniku.


“Untuk Informasi pengumumannya akan di infokan pada hari Selasa (23/5) mendatang,” jelasnya.


Sedangkan, untuk pelaksanaan registrasi atau pembayaran daftar ulang bagi para camaba itu, bisa dilaksanakan setelah dinyatakan lulus melalui website dan social media resmi milik Universitas Kuningan (Uniku).


“Setelah dinyatakan lulus, diharapkan para camaba untuk segera melakukan registrasi pendaftaran,” pungkasnya.


Hadir Ketua beserta jajaran pengurus Yayasan Pendidikan Sang Adipati Kuningan (YPSAK) Drs. Uri Syam, SH., MH., Rektor Universitas Kuningan (Uniku) Dr. Dikdik Harjadi, SE., M.Si., bersama para Wakil Rektor, Dekan dan Wakil Dekan, Dosen Pengawas dan Pewawancara serta Staf Tenaga Kependidikan selaku panitia penyelenggara kegiatan tes seleksi gelombang pertama. (rdk)

Posting Komentar untuk "Gelombang Pertama, Ada 1.170 Calon Mahsiswa yang Daftar ke Uniku "