Loading...

Calhaj Kuningan Dilepas Bupati, Tergabung Pada Kloter 3, Total 336 Orang yang Berangkat

KUNINGAN (OKE)- Sebanyak 336 calon jamaah haji asal Kabupaten Kuningan yang tergabung pada kloter 3 pada Selasa (30/5/20223) shubuh dilepas oleh Bupati Kuningan. Pelepasaan tamu Allah itu diilakukan di kawasan Kuningan Islamic Center (KIC) Jalan Soekarno.

Calhaj diangkut oleh bus sebanyak 10 armada, suasana haru tampak menyelimuti pelepasan mereka. Calhaj Kuningan sendiri selain tergabung pada kloter 3 juga Kloter 11 JKT dengan total 366 jamaah  dan 8 orang petugas sehingga total ada 374 orang.

Sementara Kloter 11 JKT  yang berangkat paa  Rabu 7 Juni  Mei 2023, jumlah jemaah 336 orang,petugas 8 orang, sehingga total 374 orang. Sedangkan Kloter terakhir adalah Kloter 21 JKT  yang akan berangkat Minggu 18 Juni  2023.

Adapu jumlahnya yakni jemaah asal Kuningan 284 orang, jumlah jemaah Cirebon 82 Orang, petugas 8 orang  sehingga total 374 orang. Mereka akan kembali Kuningan 11 juli , 21 Juli dan 31 Juli.

Dalam sambutannya, Bupati Acep menyampaikan ucapan selamat kepada para calon jemaah haji yang akan berangkat menuju ke Tanah Suci Mekkah untuk menunaikan rukun Islam yang ke 5. 

Bupati juga mengajak kepada para calon jemaah haji untuk senantiasa bersyukur dan berdoa, agar selalu diberikan kesehatan dan keselamatan untuk dapat menunaikan ibadah haji secara sempurna, sehingga mendapat keberkahan  dari Allah SWT.

“Keberangkatan ini tentunya patut disyukuri, karena masih banyak saudara-saudara kita yang belum bisa menunaikan rukun islam yang ke-5 ini, bahkan yang sudah mendaftar pun gagal berangkat karena berbagai kendala. Untuk itu saya harap, bapak/ibu dapat manfaatkan kesempatan ini dengan sebaik-baiknya,” ucap Bupati.

Selanjutnya, Bupati Acep berpesan kepada para calon jemaah haji untuk dapat menjaga kesehatan, menjalin silaturahmi dan komunikasi yang baik, serta disiplin dalam mengikuti seluruh arahan dan petunjuk dari petugas pembimbing haji, baik dalam kegiatan ibadah maupun dalam berinteraksi dengan jemaah lainnya.

“Saya berpesan, agar bapak/ibu senantiasa dapat menjaga kesehatan, agar seluruh pelaksanaan ibadah haji dapat tertunaikan, baik yang wajib maupun yang sunahnya, serta bisa kembali pulang ke tanah air dengan menyandang gelar haji yang mabrur dan mabruroh, yang di tandai dengan peningkatan kualitas dan kuantitas dalam beribadah, baik dalam konteks ibadah vertikal, hablum minalloh, maupun hablum minannaas,” ungkap Bupati.

Pada kesempatan tersebut, Bupati Acep juga menyampaikan apresiasi dan ucapan terima kasih kepada jajaran panitia penyelenggara yang telah membantu memfasilitasi para jemaah calon haji sehingga bisa melaksanakan ibadah haji ke Tanah Suci Mekkah. Menurutnya, pemberangkatan dan pemulangan jemaah haji, merupakan tanggung jawab pemerintah, dalam hal ini Kementerian Agama dan Pemerintah Daerah.

“Selanjutnya, kepada para petugas haji agar dapat menjalankan tugas sebaik-baiknya. Berikan pelayanan terbaik kepada para calon jemaah dengan penuh rasa tanggung jawab, baik dari segi fasilitas pemondokan, pelayanan kesehatan dan kenyamanan para jemaah hingga pada teknis pelaksanaan ibadah hajinya,” imbuhnya.

Sebelumnya, dilaporkan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kuningan, Drs. H. Ahmad Handiman Romdony, M.Si., untuk tahun 2023 jumlah calon jemaah haji Kabupaten Kuningan sebanyak 1.016 orang, yang terbagi atas 3 Kelompok Terbang (Kloter), yakni Kloter 3, 11, dan Kloter 21.

“Untuk Kloter 3 yang akan berangkat pagi ini berjumlah 366 orang calon jemaah haji ditambah 8 orang petugas. Jadi total yang diberangkatkan pagi ini sebanyak 374 orang. Sementara, untuk Kloter 11 sebanyak 366 calon jemaah akan diberangkatkan pada tanggal 7 Juni 2023, dan Kloter 21 sebanyak 284 calon jemaah akan diberangkatkan pada tanggal 18 Juni 2023,” terang Ahmad.

Dalam acara pelepasan calon jemaah haji tersebut, turut dihadiri Wakil Bupati Kuningan, H. M Ridho Suganda, SH., M.Si,  Wakil Ketua DPRD Kab. Kuningan, Drs. H. Ujang Kosasih, M.Si,  unsur Forkopimda Kab. Kuningan, para Staf Ahli Bupati, para Asisten, para Kepala SKPD, dan para Kabag lingkup Setda Kab. Kuningan.

Hadir pula, Ketua dan Wakil Ketua TP PKK Kab. Kuningan, Ketua MUI Kab, Kuningan, Ketua BNN Kab. Kuningan, Ketua Baznas Kab. Kuningan, serta para pimpinan Ormas se-Kabupaten Kuningan.(rdk)

Posting Komentar untuk "Calhaj Kuningan Dilepas Bupati, Tergabung Pada Kloter 3, Total 336 Orang yang Berangkat"