Loading...

Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat , Kertayasa Launching Minggu Sebagai Hari Olaharga Desa

 

KUNINGAN (OKE)- Pemdes Kertayasa Kecamatan Sindangagung terus berinovasi, yang terbaru adalah meluncurkan program Minggu  Hari Olahraga Desa. Launching program ini dilakukan pada Minggu (21/5/2023) di lapangan sepakbola desa setempat.

Menurut Kades Kertayasa Arief Amarudin, kegiatan Minggu hari olahraga desa digelar dua minggu sekali. Dari kegiatan ini bukan hanya silaturahmi, tapi juga menumbuhkan ekonomi masyarakat, nuansa rekreasi dan edukasi. Sebab, ditampilkan berbagi kegiatan.

"Hari ini acara launching, bahwa hari minggu sebagai hari olah raga desa. tujuannya selain menjalin silaturrahmi, juga terdapat unsur edukasi dan rekreasi berujung peningkatan ekonomi," tandasnya pria yang lama berkecimpung sebagai jurnalis itu.

Dalam acara yang digelar di lapangan sepak bola tersebut, pengunjung disuguhkan berbagai macam layanan, dan jajanan, juga dihibur dengan musik senam kebugaran. Pengunjung pun dapat ikut main beragam permainan tradisional yang dihadirkan dalam HOD.

"Ada layanan dari Disdukcapil khusus pembuatan Kartu Identitas Anak (KIA) dan aktivasi KTP online, perpustakaan desa, pemeriksaan kesehatan, dan permainan keluarga," lanjutnya.


Dalam pengembangan kedepan pihaknya memiliki rencana untuk terus menggelar secara rutin kegiatan ini. Nanti  pihaknya akan membuat program ini dengan tema tematik sehingga pengunjung tidak merasa bosan.


Sementara itu seorang pengunjung, Nuri Satri mengungkapkan bahwa dirinya mengapresiasi secara positif kegiatan tersebut. Sebab, merupakan terobosan baru  dalam belum dilakukan oleh  kades sebelumnya.

"Menurut saya kegiatan ini unik sekali karena ada kegiatan sejenis CFD yang digelar di tengah desa. Karena selama ini yang kita kenal, biasa digelar di tengah kota," katanya. 

Selain itu di sini  warga juga  bisa mengikuti  beragam kegiatan, layanan, olah raga tradisional dan jajanan sehingga masyarakat kesini seperti bernostalgia kembali ke masa kecil dulu.

Sekedar informasi, sejak dipimpin oleh Arief Amarudin, berbagai kemajuan terlihat di desa yang berbatasan dengan Sindangagung itu. Tidak heran dengan berbagai terobosan Kades Arief meraih penghargaan.  


 Penghargaan yang pernah diraih adalah  mendapat Anugerah Awards Kategori Transpormasi Digital Pemerintah Desa  Terbaik yang digelar Relawan Teknologi Informasi dan Komunikasi (RTIK) kerjasama Kementerian Kominfo.

Sebelumnya dari Bupati Kuningan H Acep Purnama meriah tiga penghargaan.  Adapun rinciannya adalah  Anugerah Kamuning Pranacitra, Juara I Desa Berprestasi Tingkat Kabupaten dan Juara I Desa Ramah Perempuan dan Anak Tingkat Kabupaten Kuningan.

Baru-baru ini kades Arief Amarudin,lolos seleksi audisi Paralegal Justice Award 2023.  Untuk Jawa Barat sendiri diwakili oleh 27 orang, dari 765 kades se-Indonesia terjaring 300 orang yang diterima.

Empat orang kades ini yang lolos itu adalah Kades Kertayasa Kecamatan Sindangagung. Kemudian, Kades Wanasaraya Kecamatan Kalimanggis, Kades Bojong Kecamatan Cilimus dan Kades Bojong Kecamatan Kramatmulya. (rdk)


Posting Komentar untuk "Tumbuhkan Ekonomi Masyarakat , Kertayasa Launching Minggu Sebagai Hari Olaharga Desa"