Loading...

Gegara Bakar Sampah, Gudang Kardus Terbakar, Kerugian Rp54 Juta

 

KUNINGAN (OKE)- Hati-hati ketika membakar sampah, karena banyak insden kebakaran gegara hal tersebut. Sebagai bukti di Desa  Dusun Wage Blok Tegal Gede Rt 01/01 Desa Ciputat Kecamatan Ciawigebang pada Kamis (6/7/2023) sore sekitar puku 15.00 WIB terjadi kebakaran gudang kardus.

Akibat kejadian itu,pemilik gudang yang bernama Ayip (40) mengalami kerugian Rp54 juta.  Adapun luas bangunan yang terbakar adalah 8 meter X 6 meter = 48 meter dan semua bangunan terbakar.

Warga setempat berusaha memadamakan api dengan peralatan seadanya dan berhasil. Meski begitu mereka tetap lapor ke Damkar karena takut terjadi kebakaran susulan. 

Petugas datang ke TKP pukul 15.45 WIB atau 25 menit pasca laporan masuk. Damkar langsung pendinginan sekitar 15 menit atau beres 16.00 WIB.

"Api diduga dari rembetan api pemakaran sampah di kebun sebelag barat gudang kardus tersebutt,"ujar Kepala UPT Damkar Kuningan Khadafi Mufti SPd MSi.

Diterangkan, api sendiri menurut Ayip terlihat pada pukul 15.00 WIB.Pada saat itu api sudah terlihat besar dan setelah melahap barang yang ada di gudang api mengecil sehingga dengan mudah warga bisa memadamkan api.

Laporan masuk ke Damkar setelah istri Kadus bernama Yulianti menelpon pihak pemadam pada pukul 15.20 WIB. Sedangkan proses pendinginan oleh Damkar dibantu oleh  Babinsa Kecamatan Ciawigebang Yayat  dan perangkat desa .

Menganai rincian jumlah kerugian , Khadafi menyebutkan adalah Rp54 juta. Adapun rinciannya adalah   luas bangunan yang terbakar 8m × 6m = 48m²  ditaksir ± 48m² × @m² Rp.750.000 = Rp36 juta. Kemudian kardus ditaksir Rp6 juta, aneka barang bekas ditaksir Rp12 juta, 

"Alhamdulillah tidak ada korban. Perludi ingat sebagai antisipasi awal, agar Pemerintahan Desa setempat wajib membuat  proteksi kebakaran di lingkungan Pemukiman, seperti APAR, Tandon air, dll," sebutnya.

Apabila terjadi kebakaran, segera laporkan ke kantor UPT Damkar Satpol PP Kabupaten Kuningan di No (0232)871113 & 081322698881. Layanan Gratis /tidak dipungut biaya apapun. (rdk) 

Posting Komentar untuk "Gegara Bakar Sampah, Gudang Kardus Terbakar, Kerugian Rp54 Juta"