Loading...

Kunker ke Kuningan, Badan Riset dan Inovasi Daerah Pemprov Jateng dan Pemkot Surakarta Buka Peluang Kerjasama

 

KUNINGAN (OKE)- Bupati Kuningan H Acep Purnama menerima kunjungan kerja Badan Riset dan Inovasi Daerah Pemprov Jateng dan Pemkot Surakarta. Kunjungan itu diterima di dGedung Linggarjati Setda Kuningan, Senin 24/7/2023).

Tujuan dari kunker itu adalah ingin mengetahui potensi dan inovasi yang dimiliki Kabupaten Kuningan dalam berbagai bidang, seperti pariwisata, pertanian dan industri kreatif. Selain itu juga untuk menjalin kerjasama dan kolaborasi dengan Kuningan dalam bidang riset dan inovasi. 

Sementara itu manfaat kunker ini bagi Kuningan adalah memberikan informasi yang akurat dan lengkap mengenai Kuningan kepada Badan Riset dan Inovasi Daerah Pemprov Jeteng dan Pemkot Surakarta.

Selanjunya,kunker ini juga bisa membuka peluang kerjasama dan kolaborasi antara Kabupaten Kuningan dengan Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Surakarta dalam bidang riset dan inovasi, sehingga dapat meningkatkan kemajuan daerah masing-masing.

Dalam sambutannya Bupati Acep mengatakan  atas nama lembaga sekretariat kerja sama kunci bersama yang beranggotakan Kabupaten Kuningan, Cirebon, Kota Cirebon, Ciamis, Cilacap, Brebes, Kota Banjar, Majalengka, Pangandaran dan Indramayu mengucapkan terima kasih dan selamat datang kepada rombongan di Kabupaten Kuningan yaitu di komplek kantor Bupati Kuningan.

Selanjutnya pada kesempatan ini sebagaimana di ketahui kami pun mengucapkan terimakasih beberapa waktu yang lalu tepatnya tanggal 20 juni 2023 telah di undang menjadi salah satu nara sumber dalam kegiatan yang di selenggarakan oleh Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Jawa Tengah di Pekalongan.

“Hal ini telah menjadi motivasi bagi kami untuk menggali potensi kerjasama yang mungkin kita kembangkan di kunci bersama. Pada hari ini dari Badan Riset dan Inovasi Daerah Provisni Jawa Tengah beserta jajaran hadir di sini mungkin punya maksud dan tujuan yang inigin disampaikan kepada kami di setker kunci bersama” ungkap Acep

“Sebagai gambaran keberadaan sekretariat kunci bersama dapat kami sampaikan sebagai berikut:

1. Kelembagaan

A. Proses pembentukan

Berawal dari kuningan summit yang di gagas pada bulan juni tahun 2011, sebagai embrio gagasan mengenai perlunya kerja sama antar daerah dibentuk wadah secara formal pada tahun 2012 dengan nama BKAD (Badan kerja sama Antar Daerah) Kunci Bersama. Yang beranggotakan Kabupaten Kuningan, Cirebon, Kota Cirebon, Ciamis, Cilacap, Brebes, Kota Banjar, Majalengka. Pada akhir Tahun 2014 Kabupaten Pangandaran dan Tahun 2023 Kabupaten Indramayu masuk sebagai anggota baru (jumlah 10 Kabupaten/Kota). Dalam hubungan ini sesuai regulasi sejak tahun 2018 namanya menjadi sekretariat kerja sama kunci bersama sampai dengan sekarang.

B. Dasar pembentukan

Periode 2011-2020 ditetapkan 3 regulasi yaitu: Kesepaatan bersama, keputusan bersama dan peraturan bersama,

Periode 2021 – 2025 ditetapkan 2 regulasi yaitu: Kesepakatan bersama tentang pembentukan sekretariat kerja sama dan kesepakatan bersama tentang kerja sama daerah pembangunan perbatasan

2. Maksud dan tujuan

Pembentukan sekretariat kerja sama kunci bersama untuk membantu mengkoordinasikan dan memfasilitasi pelaksanaan kerja sama daerah dengan tujuan antara lain: Mengsinergikan dan menyerasikan pembangunan daerah perbatasan, membuat produk perjanjian kerja sama sesuai bidang yang di sepakati, menggali potensi daerah yang dapat dikerja samakan”


Dalam akhir sambutanya Bupati Acep mengucapkan terima kasih yang sebesar-besarnya kepada Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Surakarta atas kunjungan kerja yang telah dilakukan ke Kabupaten Kuningan terkait Kunci Bersama.

“Kami sangat mengapresiasi waktu dan perhatian yang telah diberikan dalam rangka memperkenalkan Kabupaten Kuningan sebagai tempat kunjungan kerja yang bermanfaat bagi kita semua. Kunjungan ini merupakan kesempatan yang berharga bagi Kabupaten Kuningan dan Kunci Bersama untuk memperkenalkan potensi dan inovasi yang dimiliki,"ujarnya.

Selain itu  menjalin kerjasama dan kolaborasi di bidang riset dan inovasi. Pihaknya berharap kunjungan ini dapat menjadi awal yang baik bagi hubungan yang lebih erat antara Kabupaten Kuningan dengan Badan Riset dan Inovasi Daerah Provinsi Jawa Tengah dan Pemerintah Kota Surakarta.

Hadir pada acara tersebut Kepala Badan Riset Dan Inovasi Daerah Provinsi Jawa Tengah Beserta Rombongan, Kepala Bappeda Kabupaten Kuningan, Kota Cirebon Dan Kabupaten Brebes, Kepala Bagian Tata Pemerintahan Setda Kabupaten Kuningan, Kota Cirebon Dan Kabupaten Brebes.(rdk)

Posting Komentar untuk "Kunker ke Kuningan, Badan Riset dan Inovasi Daerah Pemprov Jateng dan Pemkot Surakarta Buka Peluang Kerjasama"