Loading...

Manaf Tangkap Ikan Raksasa di Waduk Darma

KUNINGAN (OKE)- Manaf seorang nelayan yang kerap menangkap ikan di Waduk Darma Kecamatan Darma, pada Selasa (11/7/2023) pagi berhasil menangkap ikan raksasa. Ikan young (Cina) yang oleh warga lokal disebut ikan kancra Cina itu sepintas mirip bandeng.

Ikan yang ditangkap oleh nelayan dikawsan wisata Waduk Darma itu beratnya mencapai 50 Kg, ternyata ikan yang ditangkap itu merupakan ikan raksasa yang ditangkap dalam dua hari ini. Sebelummnya ada yang beratnya 30 Kg.

"Iya, ikan Kancra Cina tadi bagi berhasil ditangkap di kawasan wisata Waduk Darma. Sebenarnya bukan hal baru dengan ikan ini, sehari sebelumnya juga ada yang ditangkap, tapi ukurannya lebih kecil," ujar Oyon Ketua Kompepar Jagara kepada kuninganoke.com.

Menurut Oyon   ikan pemakamn plangton itu memang sejak 2016 dibudidaya oleh warga Korea di sebuah Kolam Jaring Apung di Waduk Darma. Namun, pada pada saat itu keramba jembol sehingga ikan tersebut berkembang biak di waduk.

Kancra Cina itu bisa berkembang biak dengan pesat karena di waduk banyak plangton dan juga lumut yang merupakan habitnya. Penyebab, ikan ini berhasil ditangkap oleh nelayan karena air waduk tengah surut.

"Kejadian ini menjadi lumrah ketika waduk surut ikan-ikan besar kerap muncul ke permukaan dan berhasil ditangkap oleh nelayan," tambahnya.

Diterangkan,dulu ikan ini dibudidaya oleh warga Korea untuk diambil minyak di bagian kepalanya. Dari kabar minyak itu untuk obat.

Terkait rasa daging ikan  kata Oyon, banyak yang menyebut kurang enak, sehingga ketika ditemukan warga kurang antusias untuk menyantapnya.

"Dulu pada tahun 2018 saya pernah menangkap yang ukurannya lebih dari 50 Kg cuma waktu itu belum heboh. Pasca ditangkap ikan ini biasa dijual ke warga," jelasnya lagi.

Oyon mengaku, jumlah ikan kancra Cina itu saat ini masih banyak di waduk karena memang mereka pertumbuhannya cepat karena banyak sumber makanan. 

Selain kancra Cina, ikan bandeng juga ada bahkan beberapa tahun sebelumnya bandeng besar berhasil ditangkap. 

Sementara itu, Humas Objek Wisata Waduk Darma Hidayat Rusdiwa mengaku, bukan hanya ikan raksasa yang berhasil ditangkap nelayan, para pemancing pun kerap menangkap ikan-ikan berukuran besar.

"Saya beberapa kali mendapati pemancing mendapatkan  ikan ukuran besar dan ini memang sangat banyak di waduk, sehingga jumlah yang mancing setiap harinya selalu banyak," jelasnya. (rdk)

Posting Komentar untuk "Manaf Tangkap Ikan Raksasa di Waduk Darma "